get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Atasi Bila Perut Kram dan Nyeri Pinggul saat Menstruasi

Mitos atau Fakta, Perempuan Datang Bulan tak Boleh ke Dokter Gigi, ini Penjelasan Dokter

Minggu, 25 Juni 2023 | 08:49 WIB
header img
Banyak mitos mengenai perempuan yang sedang menstruasi, mulai dari mood buruk, makanan dan minuman yang dilarang sampai larangan ke dokter gigi. Ini diulas dalam buku Celebrate Yourself, Period! (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menstruasi adalah salah satu tahapan biologis yang akan dialami perempuan. Namun, terkadang pembicaraan mengenai menstruasi atau siklus haid masih menjadi hal tabu untuk dibicarakan. 

Apalagi faktanya masih banyak perempuan yang belum mendapat akses informasi mengenai kesehatan reproduksi yang memadai. Tak heran, banyak mitos mengenai perempuan yang sedang menstruasi, mulai dari mood yang buruk, makanan dan minuman yang dilarang sampai dengan bahaya ke dokter gigi. 

Bagaimana penjelasan dokter? dr Wisniaty Condro mengatakan mengetahui siklus haid sangat penting terutama bagi perempuan sejak masa remaja. Wanita mengalami menstruasi dari usia produktif sampai berhenti (menopouse) tercatat mengalami sekitar 480 kali menstruasi.

"Perlu diketahui menstruasi tidak hanya soal keluar darah, tapi juga berhubungan dengan mood dan perubahan hormon. Ini penting untuk dipelajari," ujarnya, saat peluncuran buku yang membahas mengenai menstruasi Celebrate Yourself, Period! di Jakarta, Jumat (23/6/2023).

dr Wisniaty membeberkan fakta-fakta menstruasi pada perempuan yang sering menjadi pertanyaan kaum hawa. Terlebih masih banyak yang menganggap hal itu sensitif.

- Bolehkah ke dokter gigi? "Pada masa menstruasi ada perubahan hormon. Ini dapat berisiko pendarahan dan infeksi. Biasanya dokter akan bertanya kepada pasien apakah sedang menstruasi. Jika tidak diperlukan tindakan, dokter tidak akan mencabut gigi," kata dr Wisniaty.

- Minum kopi. "Bagi yang biasa minum kopi boleh saja. Tapi dianjurkan tidak terlalu banyak, karena bisa menimbulkan keram terutama yang memiliki penyakit lambung," ujar dr Wisniaty.

- Wanita Suka Marah. "Kita salahkan masalahnya adalah hormon. Pada situasi ini bisa membuat mood perempuan kurang bagus dan sensitif," katanya

- Bolehkah olahraga. "Olahraga dapat memperbaiki mood, tapi olahraganya yang ringan saja, seperti jogging," kata dr Wisniaty.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut