get app
inews
Aa Read Next : Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki Terus Meningkat, BNPB: 6.000 Orang Mengungsi Berminggu-minggu

Keluarkan Asap Putih Pagi Ini, Masyarakat Diminta Tidak Dekati Kawah Gunung Bromo

Rabu, 13 Desember 2023 | 10:47 WIB
header img
Gunung Bromo keluarkan asap putih pagi ini (Foto: PVMBG)

BANDUNG, iNewsSerpong.id – Laporan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi  (PVMBG) Badan Geologi mencatat adanya aktivitas di Gunung Bromo, Jawa Timur. Menurut Badan Geologi, pantauan visual kawah Gunung Bromo pada hari ini, Rabu (13/12/2023), pukul 07:07 WIB, tampak asap kawah berwarna kelabu dan putih muncul bersamaan.
 
Tingkat aktivitas Gunung Bromo saat ini adalah Level II (Waspada) dengan rekomendasi tidak ada yang mendekati kawah dalam jarak 1 kilometer. Belum ada informasi lebih lanjut terkait aktivitas Gunung Bromo. 

Di laman Magma ESDM, Gunung Bromo tercatat empat tahun lalu mengalami erupsi, sejak awal tahun hingga Juli 2019. Setelah periode tersebut belum ada laporan lanjutan.

Badan Geologi mencatat telah terjadi letusan di beberapa gunung api di Indonesia hingga Desember 2023. Diantaranya 123 letusan Gunung Anak Krakatau, 107 letusan Gunung Ili Lewotolok, 60 letusan Gunung Ibu, 40 letusan Gunung Semeru, 37 letusan Gunung Marapi, 33 letusan Gunung Dukono, 16 letusan Gunung Kerinci, dan lainnya.

 


Artikel ini telah tayang di news.okezone.com dengan judul "Gunung Bromo Keluarkan Asap Putih Pagi Ini, Masyarakat Diminta Tidak Dekati Kawah”, Klik untuk baca: https://news.okezone.com/read/2023/12/13/519/2937889/gunung-bromo-keluarkan-asap-putih-pagi-ini-masyarakat-diminta-tidak-dekati-kawah

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut