get app
inews
Aa Read Next : Kendaraan Ramah Lingkungan Mampu Tekan hingga 238 Ton CO2, Sudah Ada di BSD City dan Bintaro

BSD City Pakai Jalan Aspal Campuran Sampah Plastik

Jum'at, 15 Desember 2023 | 05:02 WIB
header img
Hingga akhir tahun ini, Sinar Mas Land dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk menghadirkan jalan aspal plastik sepanjang 8,6 kilometer di kawasan BSD City. (Foto: Sinar Mas Land)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Sinar Mas Land dan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk berhasil menyelesaikan pembangunan jalan aspal plastik sepanjang 8,6 kilometer di kawasan BSD City.

Hal itu setara dengan pemanfaatan 164,2 juta lembar plastik kresek atau sekitar 410,57 ton sampah plastik kresek yang tidak berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kolaborasi ini membuat BSD City menjadi kawasan township pertama di Indonesia yang menggunakan aspal plastik. Sinar Mas Land berkomitmen menyediakan solusi inovatif bagi pembangunan berwawasan lingkungan.

Berbasis Ekonomi Sirkular

Melalui kemitraan dengan Chandra Asri Petrochemical telah mengembangkan infrastruktur berbasis ekonomi sirkular lewat penerapan aspal plastik di BSD City sejak 2021.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Tangerang, Andi Ony Prihantoro, menyatakan apresiasi terhadap inisiatif tersebut. Ia menyebut hal ini sebagai kehormatan bagi Kabupaten Tangerang karena dijadikan percontohan penerapan aspal dengan campuran sampah plastik.

Menurutnya, inovasi ini bukan hanya tentang keberlanjutan, melainkan dapat menjadi tonggak sejarah dalam pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tangerang.

Pihaknya berharap penerapan aspal plastik ini dapat diterapkan di jalan-jalan utama Kabupaten Tangerang sebagai upaya memajukan pembangunan yang berkelanjutan.

Direktur Bina Teknis Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR, Yudha Handita Pandjiriawan, menyampaikan apresiasi terhadap upaya penerapan aspal plastik. PUPR telah melakukan penelitian mengenai aspal plastik sejak 2017.

Kolaborasi antara Chandra Asri Group dan Sinar Mas Land diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan properti lainnya dalam menyelesaikan permasalahan sampah plastik.


Kemitraan Sinar Mas Land dengan Chandra Asri Petrochemical telah soal penerapan aspal plastik di BSD City sejak 2021. (Foto: Sinar Mas Land)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut