get app
inews
Aa Read Next : Tanggapi Ziarah ke Makam Mertua, Inul Daratista : Kami Saling Menghormati

Viral Biji Pepaya Dimakan Inul, Khasiatnya apa?

Kamis, 14 Desember 2023 | 15:06 WIB
header img
Viral Inul Daratista Makan Biji Pepaya (Foto: TikTok)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pepaya merupakan salah satu buah yang digemari banyak masyarakat. Belum lama ini viral penyanyi Inul Daratista makan pepaya disertai dengan bijinya.

Ya, kehidupan seorang artis tentunya selalu menjadi sorotan dan perbincangan di media sosial. Salah satunya adalah Inul Daratista yang belakangan mencuri perhatian karena mengonsumsi buah pepaya sekaligus dengan bijinya.

Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok penggemar sang diva dangdut. Dalam video itu terlihat Inul tengah santai di rumah duduk di meja makan sambil menyantap buah pepaya. "Makanan sehat malam ini, bangun tidur, karena tidurnya sore, kerjanya dari pagi tadi," kata Inul dalam video itu.

Kemudian, Inul pun makan potongan buah pepaya yang menggugah selera. Dia juga mereview rasa buah tersebut. "Enak banget, manis, pahit. Nggak apa-apa makan sama bijinya, vitaminnya tinggi," ujar Inul.

Video tersebut pun viral dan sudah ditonton lebih dari 5,3 juta akun, 57,4 ribu likes, dan ribuan komentar. Tidak sedikit dari mereka yang menyoroti biji pepaya yang dikonsumsi pemilik goyang ngebor ini.

Lantas, sebenarnya boleh nggak sih konsumsi buah pepaya? Dan apa manfaatnya untuk kesehatan? Epidemiolog dan Peneliti Indonesia dari Universitas Griffith Australia dr Dicky Budiman, M.Sc.PH menjelaskan, biji pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab di dalam biji pepaya mengandung antioksidan yang tinggi.

"Kalau bicara antioksidan bisa bermanfaat mencegah kanker, mencegah gangguan kesehatan secara umum, dan juga memberikan manfaat pada banyak organ," ujar dr Dicky saat dihubungi Rabu (13/12/2023).

Melihat banyaknya manfaat biji pepaya untuk kesehatan, dr Dicky mengatakan, biji pepaya kerap dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Afrika dan Asia. "Biasanya untuk mengatasi penyakit jamur, parasit, dan cacing," kata dia.

Namun, lanjut dr Dicky, perlu diingat biji pepaya ini bukanlah satu hal yang bebas untuk dikonsumsi. Menurut riset ada takaran seseorang mengonsumsi biji pepaya.

"Salah satu riset menganjurkan tidak lebih dari satu sendok teh atau paling banyak satu sendok makan dalam satu hari," katanya.

Meskipun bagus untuk kesehatan, tentunya biji pepaya yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek samping. Biji pepaya ini juga tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui karena berdampak negatif pada bayi.

"Untuk laki-laki juga dapat mengganggu fungsi testosteronnya. Itu yang sejauh ini terdeteksi, apa pun konsumsi makanan kalau berlebihan bahaya. Bukan berarti yang ada di alam serta merta baik, tetap ada aturan cara konsumsinya secara normal tidak berlebihan," kata dia.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut