get app
inews
Aa Read Next : Terkait Korupsi di Kementan, KPK Sita Rumah SYL di Jaksel

Wakil Ketua KPK Alex Marwata Jadi Saksi Meringankan Firli Bahuri, Ini Alasannya

Kamis, 14 Desember 2023 | 22:23 WIB
header img
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (Foto: Ari Sandita Murti)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri, menghadirkan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sebagai saksi meringankan di sidang praperadilan, Kamis (14/12/2023) . Alex menjelaskan alasannya mau menjadi saksi yang dihadirkan kubu Firli. 

Menurut Alex, “Itu hak dari setiap tersangka (untuk meminta dia sebagai saksi), saya kenal Pak Firli sudah lama juga. Beliau dahulu jadi Deputi Penindakan, sekarang jadi mitra kerja kami di jilid ke-5 ini, dan saya kenal baik dengannya”.

Lebih lanjut, Alex mengaku tahu apa yang dikerjakan Firli di KPK dan sepak terjangnya saat menjadi Deputi Penindakan. “Apa yang dia kerjakan di KPK, kinerjanya waktu jadi Deputi, saya tahu. Itulah yang kemudian mungkin Pak Firli merasa keterangan saya bisa meringankan ketika misalnya nanti masuk ke pokok perkara,” katanya 

Alex juga menyatakan kesiapannya jika dipanggil polisi untuk menjadi saksi kasus Firli. Dia bakal mendatangi langsung kantor polisi jika memungkinkan. “Kalau tak ada (jadwal lain), saya tak capek, saya datang ke Bareskrim atau penyidik Bareskrim ke kantor,” katanya 

Sebelumnya, Alex mengaku memberikan keterangan terkait tugas-tugasnya di KPK. Salah satunya tentang mekanisme penanganan perkara. 

“Jadi terkait dengan apa yang saya ketahui di dalam proses penanganan perkara di KPK. Itu yang kemudian digali oleh pemohon maupun termohon dalam Praper ini,” ujarnya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Alasan Wakil Ketua KPK Alex Marwata Mau Jadi Saksi Meringankan Firli Bahuri ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/alasan-wakil-ketua-kpk-alex-marwata-mau-jadi-saksi-meringankan-firli-bahuri/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut