get app
inews
Aa Read Next : Ternyata, Ini 5 Fungsi Lampu Rem Belakang Bagian Atas Mobil

Biar Dompet Nggak Jebol, Pahami Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar

Senin, 01 Januari 2024 | 05:00 WIB
header img
Perawatan mobil yang benar sangat berpengaruh terhadap pemakaian BBM. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pemeliharaan mobil ternyata memiliki dampak besar terhadap konsumsi bahan bakar. Alasannya, masalah boros bahan bakar pada mobil bisa terkait erat dengan faktor-faktor tertentu.

Mobil bergantung pada bahan bakar untuk menjalankan mesinnya. Jika pasokan bahan bakar terganggu, kinerja mobil juga terpengaruh. Oleh karena itu, penting untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan.

Borosnya penggunaan bahan bakar bisa memperbesar pengeluaran untuk BBM. Untuk itu, mari ketahui penyebab mobil boros bensin agar tidak merusak dompet.

1. Jarang Mengganti Oli

Oli memegang peran penting dalam kinerja mobil. Selain membantu performa, ternyata juga berdampak pada konsumsi bahan bakar. Menunda pergantian oli sebaiknya dihindari, terutama jika mobil digunakan secara rutin.

Ganti oli mesin sekitar 5.000 - 10.000 km atau setiap 3-6 bulan, tergantung pada jenis oli dan mobil Anda. Oli transmisi dan oli gardan juga perlu diganti sekitar 20.000 km - 40.000 km. Pastikan untuk memeriksa kondisi oli saat servis rutin di bengkel terdekat.

2. Ban Kekurangan Angin

Ban yang kurang angin dapat memengaruhi konsumsi BBM dengan membuat mesin bekerja lebih keras untuk melaju. Hal ini dapat meningkatkan pemakaian bahan bakar. Pastikan ban mobil selalu terisi angin sesuai standar yang disarankan.

3. Penggunaan AC Berlebihan

Penggunaan AC maksimal saat cuaca panas dapat membuat konsumsi bahan bakar meningkat. Semakin rendah suhu AC, semakin besar kebutuhan bahan bakar. AC yang terlalu dingin juga akan memaksa kompresor AC untuk bekerja lebih keras, menguras daya mesin.

4. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor mengurangi pasokan udara bersih ke mesin, membuat mesin bekerja lebih berat. Ini mengakibatkan Anda perlu menekan pedal gas lebih dalam, yang pada gilirannya membuat konsumsi bahan bakar meningkat.

5. Penggunaan BBM tidak Sesuai

Memilih jenis BBM dengan oktan yang terlalu rendah dapat membuat mesin lebih berat dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Mesin mobil sebaiknya menggunakan BBM dengan oktan minimal 95 agar dapat beroperasi secara optimal. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ternyata Ini Penyebab Mobil Boros Bensin! Simak Biar Dompet Nggak Jebol ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/ternyata-ini-penyebab-mobil-boros-bensin-simak-biar-dompet-nggak-jebol.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut