get app
inews
Aa Read Next : Jangan Abaikan Waktu Penggantian Filter Oli Mobil

Ternyata, Ini 5 Fungsi Lampu Rem Belakang Bagian Atas Mobil

Minggu, 03 Maret 2024 | 17:35 WIB
header img
Penting! Ini fungsi lampu rem belakang bagian atas mobil (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Lampu rem belakang bagian atas mobil bukan sekadar asesoris. Lampu rem  itu menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan bermotor karena berperan dalam memberikan sinyal kepada pengendara di belakang.

Saat ini, produsen mobil dilengkapi dengan High Mount Stop Lamp (HMSL) atau lampu rem yang dipasang di bagian atas kendaraan, seperti kaca belakang atau spoiler mobil.

Fungsi lampu rem tersebut sangat penting, seperti yang dijelaskan oleh Suzuki, karena memiliki beberapa kegunaan utama:

  1. Mobil Terlihat Jelas dari Belakang: Lampu ketiga pada mobil dipasang pada posisi yang lebih tinggi dari lampu belakang lainnya untuk memastikan visibilitas yang lebih baik. Ini memungkinkan pengendara di belakang untuk melihat mobil dari jarak yang lebih jauh, bahkan dalam kondisi pencahayaan rendah.
  2. Aksesori Mobil: Selain dari segi fungsional, lampu rem tambahan ini juga berfungsi sebagai aksesori mobil yang menambah estetika. Lampu berwarna merah dengan teknologi LED memberikan pencahayaan yang lebih terang, meningkatkan daya tarik visual kendaraan.
  3. Membantu saat Lalu Lintas Padat: HMSL dapat berfungsi sebagai alat komunikasi antara kendaraan di jalanan, terutama saat lalu lintas padat. Lampu rem yang menyala memberikan isyarat kepada kendaraan di belakang untuk lebih waspada dan siap melakukan pengereman saat kendaraan di depan melakukan pengereman.
  4. Mobil di Belakang Terhindar dari Pengereman Mendadak: Kehadiran lampu rem belakang atas membantu pengendara di belakang untuk mengantisipasi pengereman mendadak dari kendaraan di depan, mengurangi risiko tabrakan belakang.
  5. Mengurangi Potensi Kecelakaan Tabrakan Belakang: Dengan meningkatkan kesadaran pengendara di belakang dan memberikan isyarat yang jelas tentang pengereman, HMSL dapat mengurangi kemungkinan terjadinya tabrakan belakang, terutama dalam kondisi lalu lintas yang padat.

Dengan demikian, lampu rem belakang atas bukan hanya merupakan fitur tambahan pada kendaraan, tetapi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan keselamatan berkendara.

Semua pengendara diharapkan untuk selalu memperhatikan kondisi lampu rem dan menggunakan isyarat dengan tepat saat berkendara. 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut