get app
inews
Aa Read Next : 20 Ton Sampah dari Serpong, Polisi Tindak TPS Ilegal di Bantaran Sungai Cisadane

Sungai Cisadane Dipilih Sebagai Tempat Uji Coba Kapal Neon Moon II Coldplay

Sabtu, 16 Desember 2023 | 05:00 WIB
header img
Sungai Cisadane menjadi lokasi uji coba kapal pembersih sampah Neon Moon II. (Foto : Appamsi)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Sungai Cisadane dipilih sebagai tempat uji coba kapal pembersih sampah bernama Neon Moon II. Kapal ini merupakan sumbangan dari Coldplay bersama The Ocean Cleanup.

Coldplay telah aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan, termasuk memberikan bantuan berupa kapal pembersih sampah.

Neon Moon II diserahkan pertengahan November 2023 lalu kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membersihkan Sungai Cisadane.

Kapal Generasi Ketiga

Kapal ini adalah generasi ketiga dari Neon Moon, dengan perkiraan harga lebih dari USD700 ribu atau sekitar Rp12 miliar.

Harapannya, dengan bantuan kapal dari Coldplay ini, Sungai Cisadane bisa kembali bersih dan bebas dari sampah.

Sungai Cisadane merupakan salah satu sungai utama di Provinsi Banten dan Jawa Barat, melintasi 44 kecamatan di 5 kabupaten/kota. Air dari sungai ini masih digunakan untuk kebutuhan industri, irigasi, dan air minum di sekitarnya.

Sungai Cisadane memiliki sejarah penting, dimana pada abad ke-16, pedagang Tionghoa menggunakan sungai ini sebagai akses masuk ke wilayah Tangerang.

Wilayah Mauk, Sewan, Kedaung, Teluk Niaga, dan Kampung Melayu dahulu berupa rawa-rawa, sehingga muara Cisadane berdekatan dengan Tangerang.

Sungai ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat, tidak hanya sebagai sumber air bersih, tapi juga untuk pariwisata dan festival lokal seperti Festival Cisadane. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Rabu, 13 Desember 2023 - 17:32 WIB oleh Rizky Darmawan dengan judul "Mengenal Sungai Cisadane, Lokasi yang Dipilih untuk Uji Coba Kapal Neon Moon II Coldplay".

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut