get app
inews
Aa Read Next : 20 Ton Sampah dari Serpong, Polisi Tindak TPS Ilegal di Bantaran Sungai Cisadane

Revitalisasi Selesai, Jembatan Cisadane Tangerang Diresmikan Presiden Jokowi

Selasa, 09 Januari 2024 | 06:52 WIB
header img
Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang. (Foto MPI).

TANGERANG, iNewsSerpong.id – Pekerjaan Revitalisasi Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang telah selesai. Revitalisasi jemabatan yang dilakukan oleh Kementerian PUPR sejak pertengahan tahun 2022, diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi, pada Senin (8/12/2024).  

Pada peresmian tersebut, nampak hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, PJ Gubernur Banten, dan PJ Wali Kota Tangerang.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Jembatan Cisadane yang baru ini dirancang untuk menggantikan jembatan tipe Callender Hamilton sebelumnya yang sudah berusia lebih dari 40 tahun. Adapun pembangunan jembatan tersebut menghabiskan dana sebesar Rp123,3 miliar. 

"Total pembangunan 3 jembatan di Banten mengahabiskan dana Rp270,5 miliar. Yang pertama Jembatan Cisadane A dan B di Kota Tangerang biaya kontruksinya Rp106,7 Miliar. Kedua jembatan Batuceper di Tangerang Rp123,2 miliar dan yang ketiga jembatan Tawing Satu di Serang biaya kontruksinya Rp40,6 miliar," kata Jokowi di lokasi. 

Sebagai jembatan yang menjadi penghubung wilayah Kota Tangerang dengan Kabupaten Tangerang dan DKI Jakarta, Jembatan Cisadane yang baru diklaim memiliki kualitas lebih baik dibanding dengan desain jembatan sebelumnya sebagai upaya untuk meningkatkan konektivitas dalam mendukung pengembangan ekonomi di Kawasan Provinsi Banten. 

"Infrastruktur jembatan ini akan semakin baik untuk meningkatkan aksesbilitas jalan di Provinsi Banten antar kota, antar kabupaten melancarkan mobilitas barang, angkutan orang, angkutan logistik dan menekan biaya transportasi semakin efisien," tutupnya. 

Sementara itu, PJ Wali Kota Tangerang Nurdin menjelaskan bahwa Jembatan Cisadane A dan B masing-masing memiliki panjang 110 meter. Tampilan tanpa tiang penopang, memungkinkan pengendara kendaraan bermotor maupun pejalan kaki dapat langsung melihat Sungai Cisadane yang menjadi sumber air baku dan sarana rekreasi bagi warga Kota Tangerang.

“Festival CIsadane dan berbagai perlombaan juga digelar di Sungai Cisadane setiap tahun , jadi sekarang bisa semakin jelas melihatnya,” puji Nurdin.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Wajah Baru Jembatan Cisadane Tangerang Habiskan Dana Rp106,7 Miliar ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/megapolitan/wajah-baru-jembatan-cisadane-tangerang-habiskan-dana-rp1067-miliar/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut