get app
inews
Aa Read Next : Wacana KUA Layani Pernikahan Semua Agama, PGI Minta Menag Pertimbangkan Dengan Matang

Tema Natal PGI 2023, Ini Maknanya

Sabtu, 16 Desember 2023 | 15:35 WIB
header img
Makna Tema Natal PGI 2023 (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Momen suci dalam agama Kristen, telah tiba. Setiap tahun, umat Kristen di seluruh dunia, termasuk Indonesia, merayakan Natal sebagai waktu yang berharga dan penuh makna. 

Tahun 2023 menjadi spesial dengan tema besar yang telah diumumkan oleh Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI): “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi".

Makna tema Natal PGI 2023 sangat mendalam bagi umat Kristen. Tema tersebut diambil dari Lukas 2:14, yang berbunyi, “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”.

 

Makna Tema Natal PGI 2023

Natal adalah peristiwa sukacita yang memancar, sebagaimana tercermin dalam nyanyian para malaikat. Natal 2023 mengajak setiap umat Kristiani untuk memasuki kedamaian yang dibawa oleh kehadiran Yesus. 

Sebagaimana tertulis dalam Kolose 3:15, “Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu dipanggil menjadi satu tubuh dan bersyukurlah.” Damai sejahtera yang dimaksud melibatkan ketentraman hubungan dengan Allah, sesama manusia, dan alam semesta.

Tema ini bukan hanya panduan untuk khotbah Natal di gereja-gereja yang tergabung dalam KWI dan PGI, tetapi juga menjadi bagian penting dalam pesan Natal yang akan dibacakan di gereja-gereja saat perayaan Natal.
 
Mari kita merayakan Natal dengan penuh makna, menggali pesan kehidupan yang dibawa oleh kelahiran Yesus Kristus, serta merenungkan damai sejahtera yang dianugerahkan oleh-Nya.
 
Dalam merayakan Natal, mari kita merenungkan beberapa tema Natal yang diambil dari ayat-ayat Alkitab :

1.    Kelahiran Mesias yang Dinubuatkan (Yesaya 7:14): Yesus disebut sebagai Imanuel, yang artinya "Allah menyertai kita."

2.    Kelahiran di Betlehem (Mikha 5:2): Nubuat ini menunjukkan bahwa Mesias akan lahir di Betlehem.

3.    Kedatangan sebagai Raja dan Penyelamat (Yesaya 9:6): Yesus datang sebagai Raja yang membawa damai dan keselamatan.
 
4.    Kedatangan Anak Yesus sebagai Tanda Kasih Allah (1 Yohanes 4:9): Natal adalah wujud nyata dari kasih Allah yang mengutus Yesus untuk menebus umat manusia. 

5.    Kehadiran Anak Allah sebagai Cahaya dalam Kegelapan (Yohanes 1:9): Yesus Kristus dianggap sebagai cahaya yang menerangi dunia yang dalam kegelapan dosa.
 
6.    Kesederhanaan dalam Kelahiran Kristus (Lukas 2:12): Kelahiran Yesus dalam keadaan yang sederhana menjadi gambaran kesederhanaan dan kerendahan hati yang dihargai oleh Allah.
 
7.    Penerimaan Anak Yesus sebagai Anugerah Allah (Yohanes 1:12): Natal adalah saat untuk menerima anugerah keselamatan melalui iman kepada Yesus Kristus. 


Dengan tema besar tersebut, mari kita rayakan Natal 2023 dengan penuh sukacita, damai sejahtera, dan pengharapan.  

Tema ini menjadi tonggak penting dalam memperdalam makna Natal, menggugah hati untuk hidup dalam damai sejahtera, dan merayakan kasih Allah yang mendalam dalam kelahiran Yesus Kristus.  

Demikian penjelasan mengenai makna tema Natal PGI 2023.

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Makna Tema Natal PGI 2023 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/makna-tema-natal-pgi-2023.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut