get app
inews
Aa Read Next : Anaknya Diduga Terlibat Perundungan, Musisi Vincent Ingin Berdamai dan Masalah Cepat Selesai

Pelajar Wajib Tahu, ini 7 Tips Bijak Bermedia Sosial ala Remaja

Selasa, 19 Desember 2023 | 00:41 WIB
header img
Tips bijak bermedia sosial ala remaja. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Tips bijak bermedia sosial ala remaja perlu diterapkan agar terhindar dari dampak buruknya. Pasalnya, media sosial bisa jadi sarana penyebaran berita bohong, cyberbullying dan dampak negatif lainnya jika salah penggunaan.

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern, khususnya bagi remaja.

Maka dari itu, penting buat kita generasi muda untuk lebih memahami cara menyikapi perkembangan sosial media dan perilaku kita dalam menggunakannya.

Ada beberapa sikap yang perlu diperhatikan ketika sedang bermedia sosial. Hal ini supaya tidak menimbulkan masalah yang tidak pernah kamu harapkan sebelumnya.

Agar bisa menggunakan media sosial dengan tenang dan aman, berikut tips bijak bermedia sosial ala remaja, yang dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (16/12/2023).

Tips Bijak Bermedia Sosial Ala Remaja

1. Tidak menyebarluaskan informasi hoax atau isu SARA

Jangan mudah menyebarluaskan informasi tidak akurat maupun isu SARA
Tidak menyebarkan hoax atau isu SARA juga menjadi salah satu cara menggunakan media sosial dengan bijak.

Mengingat saat ini banyak berita hoax maupun isu SARA tersebar di media sosial sehingga tak jarang ada juga orang yang mempercayainya. Ada baiknya Anda telusuri fakta sebelum menyebarkan hal-hal yang tidak dipahami di media sosial.

2. Bagikan dukungan bukan komentar negatif

Memberikan dukungan bukan komentar negatif adalah sikap positif saat berinteraksi di media sosial. Ini mencakup respons yang penuh empati dan peduli saat seseorang menghadapi masalah atau kesulitan di platform tersebut.

Sebaliknya, menghindari berkomentar negatif atau mengkritik secara merendahkan. Kalian sebaiknya menawarkan kata-kata penyemangat, pertanyaan yang mendukung, atau bahkan tawaran bantuan jika memungkinkan.

3. Tetap menjaga etika berbahasa

Walaupun kita sedang berada di media sosial. Pasal undang-undang mengawasi dan jejak digital tidak akan hilang. Oleh sebab itu, tetaplah menjaga kesantunan dalam memberikan komentar. Jangan sampai menyinggung, menyakiti atau membully orang lain.

4. Harus bisa menahan emosi

Sebelum nekat memberikan komentar atau mengunggah curahan hati alias curhat. Ada baiknya tahan emosi dan jangan meluapkan emosi di media sosial, atau Anda bisa merugi sebab dapat mempermalukan diri sendiri dan/atau merugikan orang lain.

5. Jangan mudah terprovokasi

Hindari terlibat dalam pertengkaran atau perselisihan di media sosial. Jika Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat memilih untuk tidak menanggapi atau memblokir akun tersebut.

6. Pastikan informasi yang kita terima

Pastikan informasi atau berita yang kita berikan itu benar dan bermanfaat untuk umum. Dan tentunya hindari penyebaran berita hoaks, ya! Penting untuk memilah apa yang akan kita bagikan. Saring sebelum sharing!

7. Jaga privasi

Jangan mudah membagikan informasi yang bersifat pribadi di media sosial. Terutama kalau kamu memiliki banyak teman yang sebenarnya tidak semuanya kamu kenal. Jangan mencantumkan alamat rumah, jadwal keseharian, kartu identitas diri, atau nomor kontak pribadi.


Demikian ulasan tentang arti mimpi ibu meninggal dunia yang bikin pemimpinya penasaran sekaligus sedih. Semoga bermanfaat!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut