get app
inews
Aa Read Next : Anaknya Diduga Terlibat Perundungan, Musisi Vincent Ingin Berdamai dan Masalah Cepat Selesai

7 Tips Efektif dan Mudah bagi Pelajar untuk Menabung

Kamis, 22 Februari 2024 | 23:50 WIB
header img
7 tips menabung untuk pelajar berikut efektif dan mudah diterapkan. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - 7 tips menabung untuk pelajar berikut efektif dan mudah diterapkan. Pasalnya, para pelajar kerap menghadapi kesulitan untuk konsisten menabung.

Menabung bukan hal yang sulit dilakukan, asalkan memiliki tekad yang kuat dan mempraktikkan tips yang sesuai. Bahkan, bagi pelajar yang hanya mengandalkan uang jajan harian tetap dapat menyisihkan sebagian uang untuk tabungan di masa depan.

Memulai kebiasaan menabung sejak dini dapat memberikan dampak positif dalam memenuhi kebutuhan finansial di kemudian hari. Tetapi dibutuhkan niat yang kuat, kesabaran, dan strategi tertentu agar dapat mencapai jumlah tabungan yang diinginkan. 

Tips Menabung untuk Pelajar

Kemudian, apa saja yang harus diperhatikan pelajar agar dapat mengumpulkan uang dengan cara menabung? Berikut 7 tips menabung untuk pelajar yang efektif dan mudah diterapkan:

1. Tentukan Tujuan dan Target Tabungan

Sebelum mulai menabung, tentukan terlebih dahulu tujuan dan target menabung. Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi untuk menyisihkan uang. Pastikan juga bahwa target tabungan yang kamu tetapkan realistis agar dapat dicapai. 

Jika tidak memiliki tujuan dan target, maka akan cenderung kurang konsisten dan enggan menyisihkan uang di masa mendatang. Oleh karena itu, memiliki tujuan yang jelas akan memberikan motivasi dan semangat untuk mencapai tujuan keuangan.

2. Sisihkan Uang Jajan

Penting untuk menyisihkan uang jajan bagi pelajar yang ingin menabung. Ini akan membantu memastikan bahwa uang tabungan tetap utuh dan tidak terpakai. 

Dalam hal ini, konsistensi dan disiplin dalam menabung sangatlah penting. Untuk itu, hindari godaan untuk menggunakan uang jajan untuk hal-hal yang tidak perlu.

3. Buat Catatan Pengeluaran

Membuat catatan pengeluaran penting untuk menjaga konsistensi dalam menabung. Tulis setiap pengeluaran secara teratur, baik itu harian, mingguan, maupun bulanan. Mulailah dengan membuat catatan tabungan dalam sebuah buku catatan dan bagiannya menjadi tiga kolom, yakni untuk uang jajan yang diterima, pengeluaran, dan sisa uang yang tersisa.

Dengan mencatat setiap pengeluaran dan sisa uang jajan, kamu dapat memantau seberapa besar jumlah uang yang telah terkumpul dalam periode waktu tertentu, sehingga dapat membantu dalam mengatur dan mengawasi proses menabung dengan lebih efektif.

4. Gunakan Uang Sesuai Kebutuhan

Tips berikutnya yakni memahami skala prioritas. Intinya, pengeluaran harus disesuaikan dengan kebutuhan yang paling penting. Sebagai seorang pelajar, kebutuhan yang paling krusial termasuk kebutuhan belajar, transportasi, dan konsumsi.

Pastikan kamu memprioritaskan kebutuhan belajar, seperti membeli peralatan tulis dan buku pelajaran, sebelum menggunakan uang jajan untuk kebutuhan lainnya.

Simak tips menabung untuk pelajar di halaman selanjutnya >

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut