get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : Ini Lokasi Stasiun Charging di Sepanjang Tol Trans Jawa

Tak Perlu Khawatir Kehabisan Daya Baterai, PLN Operasikan 624 SPKLU untuk Libur Nataru 2024

Kamis, 21 Desember 2023 | 09:11 WIB
header img
624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersebar di 411 titik strategis. (Foto: Dok PLN)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Perusahaan Listrik Negara (PLN) hadirkan 624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersebar di 411 lokasi strategis, mengantisipasi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

"Para pemudik atau masyarakat yang ingin berlibur dengan kendaraan listrik kini tidak perlu khawatir soal baterai habis. Ada ratusan SPKLU dan petugas siaga siap memberikan layanan terbaik," ujar Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, dalam keterangan resmi yang dikeluarkan pada Selasa (19/12/2023).

Pada Nataru kali ini, jaringan tol di Jawa diprediksi akan menjadi yang paling ramai digunakan oleh masyarakat. PLN telah menyiapkan SPKLU yang tersebar di area istirahat di tol Jawa dan tol trans Sumatera.

Tol Trans Sumatera

Lebih lanjut, PLN telah menyiapkan 64 unit stasiun pengisian energi Electric Vehicle (EV) Charger di 38 titik SPKLU di sepanjang jalur Tol Trans Sumatera-Jawa. Semua informasi terkait lokasi-lokasinya dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile.

Tidak hanya meningkatkan layanan EV Charger di ruas tol, PLN juga telah meningkatkan layanan di sejumlah kota di Indonesia. Sebanyak 26 unit EV Charger tersedia di 21 lokasi SPKLU untuk wilayah Banten. Di Jakarta, terdapat 113 EV Charger yang tersebar di 43 lokasi SPKLU.

Di Jawa Barat, PLN mengoperasikan minimal 150 unit EV Charger yang tersebar di 125 lokasi SPKLU. Sementara itu, untuk Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, tersedia 50 EV Charger di 34 lokasi SPKLU guna mendukung libur Nataru. Di Jawa Timur, disiapkan 62 unit EV Charger di 34 lokasi SPKLU dan 63 EV Charger di 29 lokasi SPKLU di wilayah Bali.

Perkuatan layanan pendukung juga dilakukan di wilayah lain seperti Sumatera dengan 62 unit EV Charger di 51 lokasi SPKLU, Kalimantan dengan 37 unit EV Charger di 32 lokasi SPKLU, dan 27 unit EV Charger di 18 lokasi SPKLU di Sulawesi.

Di wilayah Nusa Tenggara, tersedia 25 EV Charger yang tersebar di 16 lokasi SPKLU guna mendukung libur Nataru. Sedangkan di wilayah Maluku dan Papua, disiapkan 9 unit EV Charger di 8 lokasi SPKLU.

"PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, khususnya dalam mendukung pertumbuhan ekosistem EV. Selain infrastruktur charging station, fitur-fitur di aplikasi PLN Mobile juga menyediakan layanan-layanan untuk kemudahan pengguna EV," ungkap Darmawan. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Selasa, 19 Desember 2023 - 19:40 WIB oleh Mohammad Saifulloh dengan judul "Libur Nataru, PLN Pastikan 624 SPKLU Siap Beroperasi".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut