get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Tahun Baru, Semangat Baru

Amalkan Saat Pergantian Tahun, Bacaan Doa Tahun Baru 2024

Selasa, 26 Desember 2023 | 14:17 WIB
header img
Bacaan doa tahun baru 2024 Beserta Keutamaanya (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bacaan doa Tahun Baru 2024 beserta keutamaannya berikut ini dapat diamalkan saat pergantian tahun. Memasuki tahun baru selalu membawa semangat dan harapan baru. 

Tak terasa tinggal menghitung hari kita akan meninggalkan tahun 2023 dan memasuki awal Tahun Baru 2024. Tentu, setiap pergantian tahun, ada doa yang sebaiknya untuk diamalkan.

Adapun, doa akhir tahun dibaca sebagai ungkapan rasa syukur atas hal yang telah didapatkan pada tahun sebelumnya. Selain itu, doa ini juga sebagai harapan agar di tahun depan keberkahan akan selalu mengiringi langkah kita. 

Berikut bacaan doa Tahun Baru 2024 beserta keutamaanya yang dikutip dari laman NU Online, Senin (25/12/2023).

Bacaan Doa Akhir Tahun 2024 

Arab: 


اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ


Latin: 


Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya: 

Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Bacaan Doa Awal Tahun 2024

Arab: 


اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ


Latin: 


"Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm."


Artinya: 


“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba.

Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat.

Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Keutamaan Bacaan Doa Tahun Baru 

Berikut keutamaan bacaan doa tahun baru: 

1. Menghapus Dosa Setahun yang Lalu

Menghapus dosa setahun yang lalu jadi salah satu keutamaan mengamalkan doa akhir tahun. Diharapkan dengan membaca doa ini, semua dosa-dosa yang telah dilakukan setahun yang lalu diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

2. Mensyukuri Nikmat Allah 

Tak hanya sebagai menghapus dosa setahun yang lalu, mengamalkan doa ini dapat juga merupakan bentuk nikmat kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Diharapkan kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi di tahun depan. 

3.  Terhindar dari Godaan Setan

Salah satu keutamaan bacaan doa tahun baru selanjutnya adalah terhindar dari godaan setan. Ini menjadi penting, sebab setan selalu berusaha menggoda manusia untuk selalu melakukan perbuatan dosa. 


Demikianlah bacaan doa Tahun Baru 2024 beserta keutamaanya. Semoga bermanfaat!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut