get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Obral dan Diskon Besar ala Ramadhan

HIKMAH JUMAT : Tahun Baru, Semangat Baru

Jum'at, 05 Januari 2024 | 06:16 WIB
header img
Kehadiran tahun baru harus mampu menghadirkan semangat baru dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. (Foto : Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. - Dosen Universitas Buddhi Dharma; Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina & Ketua PCM Pagedangan - Tangerang)

BARU BEBERPA hari kita meninggalkan tahun 2023 dan memasuki tahun baru 2024, tepatnya hari ini Jumat, 5 Januari 2024. Meski momentum lepas sambut tahun 2023 ke 2024 sudah lewat beberapa hari, namun suasananya masih terasa sampai hari ini.

Setidaknya di berbagai media sosial kita masih melihat berbagai dokumentasi momen-momen pergantian tahun 2023 ke 2024. Di beberapa tempat juga kita masih melihat adanya berbagai ucapan dan harapan menyambut datangnya tahun 2024.

Sejatinya setiap terjadinya pergantian waktu, baik itu hari, pekan, bulan, maupun tahun, tidak hanya sekedar berbicara tentang selamat datang waktu yang baru, namun juga mengajarkan selamat tinggal waktu yang telah lalu.

Menuju Garis Finish

Dengan datangnya waktu yang baru dan hilangnya waktu yang telah lalu, menunjukkan bahwa langkah pasti kita menuju garis finish sudah semakin dekat. Dengan adanya pergantian tahun maka secara jumlah usia kita terus bertambah, namun sejatinya semakin dekatlah kita kepada kematian.

Oleh karenanya, kehadiran tahun baru seperti saat ini, harus mampu menghadirkan semangat baru dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semangat baru yang mengantarkan kita untuk terus meningkatkan amal shalih agar keberadaan kita semakin bermanfaat bagi banyak orang.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Hasyr [59] ayat 18 yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : Dok Pribadi)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut