get app
inews
Aa Read Next : Terlilit Pinjol Rp100 Juta, Ibu di Depok Jual Anak Gadis Masih SMP Layani Pria Warga Negara Asing  

Selama 2023, Bandara Soekarno-Hatta Tolak 1.169 WNA Masuk Indonesia

Jum'at, 29 Desember 2023 | 05:54 WIB
header img
Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta menolak masuk 1.169 WNA dari berbagai negara. (Foto: Ist)

TANGERANG, iNewsSerpong.id – Sejak awal sampai akhir tahun 2023, petugas Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta menolak masuk 1.169 WNA dari berbagai negara yang tidak memiliki maksud dan tujuan yang jelas. Hal ini juga merupakan hasil dari peningkatan pengawasan perlintasan di Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2023. 

Menurut Kabid TPI Imigrasi Soetta Uchky Aditya, dari 1.169 yang ditolak tersebut, 425 diantaranya di dominasi oleh alasan keimigrasian. Seperti tidak memiliki maksud dan tujuan yang jelas, serta tidak bisa menunjukkan tempat tinggal saat berada di Indonesia.

Mayoritas warga negara asing yang ditolak merupakan warga negara India. Kurang lebih 217 warganya tercatat ditolak masuk karena berbagai alasan.

 "Setiap ada WNA masuk, kami akan melakukan wawancara singkat yang sudah menjadi prosedur kami. Mereka yang ditolak masuk memang tidak bisa menjawab pertanyaan yang kami ajukan, seperti tujuannya apa, menginap dimana, kegiatannya apa, dan sebagainya," ujarnya, Kamis (28/12/2023).

Sementara itu jumlah warga negara asing yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta meningkat tajam dibanding tahun 2022. Hal ini disebabkan karena mulai meningkatnya situasi ekonomi yang sempat turun saat pandemi berlangsung. 

"Jumlah WNA yang masuk sepanjang tahun 2023 ini meningkat sekali, tercatat sekitar 2,1 juta masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta," lanjut Uchky.

Uchky menambahkan bahwa dibukanya kembali pintu perlintasan internasional berbanding lurus dengan peningkatan mobilitas pelaku perjalanan internasional. Tercatat sebesar 78,19 persen peningkatan lalu lintas WNI dan WNA yang melintas keluar dan masuk melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta di tahun 2023.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 1.169 WNA Ditolak Masuk Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta Sepanjang 2023 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/megapolitan/1169-wna-ditolak-masuk-indonesia-melalui-bandara-soekarno-hatta-sepanjang-2023.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut