get app
inews
Aa Read Next : Harga Wuling Cloud EV Lebih Murah dari Harga Estimasi, Dibanderol Rp398 Jutaan

Saat Musim Hujan, Bagaimana Keamanan Mobil Listrik?

Jum'at, 19 Januari 2024 | 05:16 WIB
header img
Pengguna mobil listrik ada yang cemas saat musim hujan tiba. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pemilik mobil listrik memiliki kekhawatiran saat musim hujan dengan tingkat intensitas sedang hingga tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan tergenangnya air di jalan dengan level yang cukup tinggi.

Baterai mobil listrik yang terletak pada bagian bawah atau kolong mobil, langsung bersentuhan dengan air, membuat pemilik mobil listrik cemas akan risiko kerusakan.

Namun, setiap produsen mobil listrik memastikan bahwa baterai yang digunakan telah diuji keandalannya terhadap air. Oleh karena itu, melintasi genangan air tidak seharusnya mengganggu kinerja baterai ini.

Mesin Pembakaran Internal

Kendaraan listrik, yang tidak mengandalkan mesin pembakaran internal, memiliki keunggulan saat melintasi genangan air karena menggunakan baterai sebagai sumber tenaga dan motor penggerak.

Meskipun demikian, Head of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia, Uria Simanjuntak, menyarankan agar hindari melewati genangan air jika memungkinkan.

Uria menekankan bahwa meskipun mobil listrik cenderung aman saat melintasi genangan air, disarankan untuk tidak membiarkan air merendam seluruh bagian ban mobil.

Meskipun aman, keadaan seperti ini bisa memungkinkan air masuk ke area kabin, potensial menyebabkan kerusakan di area lain.

Tak hanya itu, traksi ban akan berkurang saat melewati genangan air tinggi, menyebabkan pemborosan daya listrik dan membuat motor penggerak bekerja keras, yang pada akhirnya dapat menimbulkan kerusakan.

Produsen mobil listrik berupaya memastikan keamanan kendaraan mereka, terutama di Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi.

Mereka melakukan serangkaian uji coba dan simulasi untuk menjamin keandalan mobil listrik dari dampak air, dengan harapan menghilangkan keraguan masyarakat terhadap mobil listrik. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Gunakan Mobil Listrik saat Musim Hujan, Bagaimana Keamanannya? ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/gunakan-mobil-listrik-saat-musim-hujan-bagaimana-keamanannya.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut