get app
inews
Aa Read Next : 4 Tips Penting Harus Dilakukan saat Berkendara Terjadi Gempa Bumi

Pasca Diguncang Gempa 7,4 SR, Retakan Besar Terjadi di Ishikawa Jepang

Senin, 01 Januari 2024 | 17:06 WIB
header img
Gempa bumi 7,4 SR melanda Jepang, warga berhamburan keluar rumah pada Senin (1/1/2024). FOTO/ Independent

TOKYO, iNewsSerpong.id - Setelah Jepang dilanda gempa bumi 7,4 SR pada Senin (1/1/2024), beberapa gempa susulan yang kuat telah melanda Laut Jepang satu jam setelah gempa awal.

Wilayah Ishikawa berada di bawah peringatan tsunami besar, sementara peringatan atau peringatan tingkat rendah telah dikeluarkan untuk wilayah pesisir barat laut pulau Honshu. 

Dilansir dari Independent, Senin (1/1/2024), Jalan di kota Ishikawa retak-retak terbelah dua, dan semua penduduk berada di luar bangunan tempat mereka tinggal. Sementara gempa susulan masih terus terjadi. 

Gambar di media sosial menunjukkan orang-orang yang panik bersembunyi di bawah meja goyang saat gempa terjadi dan beberapa gambar menunjukkan rumah-rumah rusak pasca gempa. 

Kantor Perdana Menteri Fumio Kishida mendesak pihak berwenang untuk “mengambil tindakan menyeluruh untuk mencegah kerusakan, seperti evakuasi penduduk” dan memprioritaskan nyawa manusia di atas segalanya. 

Juru bicara pemerintah Hayashi Yoshimasa mengatakan dalam konferensi pers darurat bahwa pihak berwenang masih memeriksa tingkat kerusakan dan memperingatkan warga untuk bersiap menghadapi kemungkinan gempa lebih lanjut.


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 01 Januari 2024 - 16:18 WIB oleh Wahyu Budi Santoso dengan judul "Retakan Besar Terjadi di Ishikawa, Inilah Kondisi Jepang usai Gempa 7,4 SR". 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut