get app
inews
Aa Read Next : Ini Fungsi Fitur IEP dan IEV pada Sistem Perdagangan Bursa yang Diluncurkan BEI

Tahun ini, BEI Patok Investor Baru Pasar Modal Tembus Sebanyak Dua Juta

Rabu, 03 Januari 2024 | 05:00 WIB
header img
BEI menargetkan 2 juta investor baru pada tahun 2024. (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan target 2 juta investor baru pada 2024. Pada akhir 2023, jumlah investor pasar modal Indonesia telah mencapai 12,1 juta dan diperkirakan akan meningkat menjadi 14 juta investor pada akhir tahun ini.

Direktur Utama BEI, Iman Rachman, menyatakan, "Jumlah investor baru yang kami targetkan mencapai 2 juta karena kita melihat adanya perubahan signifikan pada perilaku investor akibat peralihan pandemi menjadi endemi."

Selama tahun 2023, investor pasar modal masih didominasi oleh investor lokal, mencapai 99,69 persen, sementara investor asing hanya menyumbang 0,31 persen.

Kontribusi Investor Domestik

Meskipun kontribusi investor asing terbilang kecil, aset mereka mencapai 41,96 persen untuk saham dan surat berharga (C-BEST), sementara investor domestik mencapai 58,04 persen.

Investor lokal lebih cenderung berinvestasi dalam instrumen reksa dana (S-INVEST) dengan porsi sebesar 97,11 persen, sementara investor asing hanya 2,89 persen.

Reksa dana atau mutual fund memang menjadi pilihan favorit bagi investor domestik, terbukti dari jumlah pendaftaran yang mencapai 11,4 juta investor, sementara investor saham hanya 5,24 juta.

Bursa saham masih dipegang erat oleh investor lokal, mencapai 99,58 persen, sementara investor asing hanya memiliki 0,42 persen.

Sementara itu, pada surat berharga negara (SBN), jumlah investor mencapai 1 juta, dengan mayoritas berasal dari investor domestik, yakni sebanyak 98,14 persen, sedangkan investor asing mencapai 1,86 persen. (*)

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " BEI Targetkan Investor Pasar Modal Tembus 14 Juta di 2024 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/keuangan/bei-targetkan-investor-pasar-modal-tembus-14-juta-di-2024.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut