get app
inews
Aa Read Next : Berapa Iurannya? Kelas BPJS Kesehatan Dihapus dan Diganti KRIS

Biar Aman, Pemakai Motor Listrik Harus Perhatikan ini Sebelum Terobos Banjir

Senin, 22 Januari 2024 | 05:00 WIB
header img
Sebagian masyarakat khawatir motor listrik bisa korsleting bila baterai atau sistem kelistrikan terendam air. (Foto: M Fadli) 

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sepeda motor listrik seringkali memunculkan kekhawatiran keamanan saat melewati banjir atau genangan air di Indonesia, terutama di musim hujan.

Masyarakat khawatir bahwa motor listrik dapat mengalami korsleting akibat baterai atau sistem kelistrikan yang terendam air.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edhie menjelaskan bahwa motor listrik telah dirancang untuk kondisi medan di Indonesia.

Jangan Paksa Lintasi Banjir

Meskipun demikian, dia menyarankan agar pengendara motor listrik tidak memaksa melintasi banjir. Tinggi air maksimum yang dianjurkan adalah 30 sentimeter agar motor tidak mengalami kerusakan.

Honda melakukan pengujian keamanan dengan memberikan kesempatan kepada jurnalis untuk test drive motor listrik EM1 e. Salah satu rintangan yang dihadapi adalah melewati kolam air yang cukup dalam.

Untuk mengantisipasi masalah, beberapa komponen penting pada motor listrik dibuat kedap air seperti pada kabel dan konektor. Meskipun demikian, tidak disarankan bagi pengendara untuk menerobos banjir. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Motor Listrik Terobos Banjir Amankah? Ini Harus Diperhatikan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/motor/motor-listrik-terobos-banjir-amankah-ini-harus-diperhatikan.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut