get app
inews
Aa Read Next : Elon Musk Pastikan Tesla Cybertruck Diterima Konsumen, pada 30 November 2023

Tesla Berhasil Diretas Hanya Pakai Alat Sederhana

Kamis, 04 Januari 2024 | 10:04 WIB
header img
Tiga peneliti dari Technische Universität Berlin (TU Berlin), Jerman, berhasil meretas mobil listrik Tesla. (Foto: Tesla)?

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Meski mobil listrik Tesla dikenal dengan sistem keamanan yang kuat, tiga peneliti dari Technische Universität Berlin Jerman, berhasil meretas kendaraan kebanggaan Elon Musk.

Ketiga peneliti itu, yakni Christian Werling, Niclas Kühnapfel, dan Hans-Niklas Jacob, berhasil memanipulasi sistem dengan alat sederhana seharga 600 euro atau sekitar Rp10 jutaan.

Mereka mencapainya dengan menginduksi penurunan tegangan selama 2 detik sebesar 560 milivolt pada papan sirkuit autopilot Tesla yang berbasis ARM64.

Kode dan Data Sensitif

Kesalahan tegangan yang terjadi memungkinkan mereka untuk mengekstrak kode dan data sensitif dari sistem, termasuk kunci kriptografi, yang memungkinkan mereka memahami cara kerja sistem.

Dengan berhasil mengakses data-data termasuk video dengan koordinat GPS yang sebelumnya dihapus oleh pemilik kendaraan, peneliti berhasil memahami penggunaan data oleh sistem kecerdasan buatan (AI) Tesla.

Bahkan, mereka mampu mengaktifkan "Mode Elon" yang lebih kuat, sebuah fitur self-driving rahasia hands-free yang sebelumnya telah diidentifikasi oleh peretas lain.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut