get app
inews
Aa Read Next : Hilbram Dunar di Mata Putranya: Papa Sabar dan Sayang Keluarga

Cegah Risiko Kanker Salah Satu Faedah Makan Pepaya

Kamis, 18 Januari 2024 | 17:24 WIB
header img
Ini manfaat buah pepaya. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Buah pepaya tak hanya terkenal dengan cita rasa manis dan menyegarkan. Pepaya juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Buah yang harganya tergolong murah ini dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menjaga kesehatan kulit. Buah ini juga telah terbukti menjadi pilihan yang ideal untuk memperkuat kualitas hidup.

Tidak salah bila pepaya dijadikan sebagai salah satu buah yang  mendukung kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat pepaya untuk kesehatan? Berikut di antaranya dilansir dari berbagai sumber, Rabu (17/1/2024).

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah pepaya mengandung enzim papain, yang dapat membantu dalam pencernaan protein. Konsumsi pepaya dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare. Selain itu, serat yang tinggi dalam buah pepaya juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan kamu.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam buah pepaya sangat baik untuk kesehatan kulit. Nutrisi ini membantu menjaga kelembaban kulit, mengembalikan kecerahan, dan memberikan tampilan yang lebih segar. Dengan mengonsumsi buah pepaya atau menggunakan masker pepaya secara teratur, dapat merawat kulit kamu secara alami.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K dalam pepaya membantu menjaga kesehatan tulang. Kurangnya asupan vitamin K dapat dengan mudah menyebabkan patah tulang pada tubuh. Vitamin K penting untuk membantu penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium, sehingga dapat membuat tulang lebih kuat.

4. Mengurangi Resiko Kanker

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa likopen dalam pepaya dapat mengurangi resiko kanker. Kandungan antioksidan dalam pepaya dapat mengurangi radikal bebas penyebab sel kanker tumbuh. Lebih spesifiknya, dari 14 buah dan sayuran yang memiliki sifat antioksidan hanya pepaya yang memiliki aktifitas antikanker. Mengonsumsi pepaya juga efektif dalam mengurangi kerusakan oksidatif

5. Menyehatkan Jantung

Konsumsi pepaya secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa buah-buahan yang mengandung likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan kolesterol baik (HDL).

6. Anti Radang

Enzim papain dan cymopapain yang terdapat dalam buah pepaya memiliki sifat anti inflamasi dan dapat membantu meredakan peradangan. Enzi mini sangat bermanfaat dalam penyembuhan luka bakar, perawatan kulit, dan mengurangi gejala penyakit kulit seperti psoriasis. 

7. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi dapat menurunkan kadar gula darah seseorang dengandiabetes tipe 1 dan 2. Dalam 1 buah pepaya kecil terdapat 3 gram serat atau setara dengan 17 gram karbohidrat.

8. Menjaga Kesehatan Ginjal

Bukan hanya buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan ginjal. Flavonoid dan phenolic yang terkandung dalam biji pepaya berperan dalam menjaga kesehatan ginjal. Dengan mengonsumsi biji pepaya, kamu dapat memberikan dukungan yang baik untuk organ vital ini.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut