get app
inews
Aa Read Next : Siaran Langsung di RCTI, Indonesia Vs Australia di 16 Besar Piala Asia 2023, Minggu 28 Januari 2024

Sejarah buat Sepak Bola Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia, Presiden Jokowi Bersyukur

Jum'at, 26 Januari 2024 | 18:37 WIB
header img
Timnas sepak bola Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Timnas sepak bola Indonesia berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur dan meyakini bahwa prestasi ini dapat tercapai dengan serius dan kerja keras dari semua pihak.

"Alhamdulillah, alhamdulillah, saya percaya kita bisa membangun prestasi sepak bola kalau kita betul-betul serius, betul-betul kerja keras," ujar Jokowi dalam keterangan yang disiarkan oleh Sekretariat Presiden di YouTube, Jumat (26/1/2024).

Presiden Jokowi turut mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia dan PSSI atas pencapaian bersejarah ini.

"Dan saya ingin mengucapkan selamat kepada timnas kita yang lolos ke 16 besar. Tentu saja selamat juga untuk PSSI. Ini adalah sejarah baru bagi sepak bola Indonesia," tambah Jokowi.

Bisa Raih Poin

Beliau berharap Timnas Indonesia bisa meraih poin dan memenangkan pertandingan melawan Australia pada babak 16 besar Piala Asia. "Dan kita harapkan di pertandingan besar yang pertama dengan Australia juga bisa memetik poin," ucap Jokowi.

Sebelumnya, timnas sepak bola Indonesia berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Keberhasilan ini terjamin setelah slot terakhir dari peringkat tiga terbaik tidak direbut oleh Oman yang bermain imbang melawan Kirgistan dengan skor 1-1.

Pertandingan antara Oman vs Kirgistan di Grup F mempengaruhi nasib Indonesia, yang bersaing dengan Oman untuk satu tiket ke babak 16 besar melalui peringkat tiga terbaik.

Gol Oman dicetak oleh Muhsen Al-Ghassani pada menit ke-8, dan Joel Kojo membalas dengan gol pada menit ke-80. Dengan hasil tersebut, Oman menempati posisi keenam dalam klasemen peringkat tiga terbaik dengan 2 poin, sedangkan Timnas Indonesia berada di posisi keempat dengan raihan 3 poin.

Selain Indonesia, Yordania, Palestina, dan Suriah juga berhasil mengumpulkan 4 poin masing-masing. Bagi Timnas Indonesia, pencapaian ini mengakhiri sejarah tidak pernah lolos dari babak penyisihan grup sejak debut di Piala Asia 1996. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut