get app
inews
Aa Read Next : Identitas Mayat Perempuan di Kamar Apartemen Bogor Terungkap, Korban Bernama Nindi Putri Ma'rifa

Geng Copet Asal Indonesia Usai Beraksi di Mal Bangkok Thailand Ditangkap, Bikin Malu  

Jum'at, 26 Januari 2024 | 19:42 WIB
header img
Geng pencopet asal Indonesia ditangkap polisi usai beraksi di mal terkenal di Bangkok, Thailand. (Foto: Khaosod via The Taiger)

BANGKOK, iNewsSerpong.id - Sebuah geng pencopet asal Indonesia berhasil ditangkap setelah beraksi di mal terkenal di Bangkok, Thailand.

Aparat kepolisian berhasil menangkap para pelaku setelah menerima laporan dari seorang korban warga Jepang yang kehilangan uang sebanyak 310.000 baht atau sekitar Rp137 juta pada Kamis (25/1/2024).

Identitas dari geng pencopet tersebut adalah Jaya Abidin (61), Isandi (58), Suendra (41), dan Ivan Susanto (50). Keempat pelaku berhasil ditangkap di kamar hotel tempat mereka menginap, dan polisi juga berhasil menyita sejumlah barang bukti termasuk ransel hitam, sepatu kets abu-abu, dan topi putih.

Yoshimune Yoshida Sebagai Korban

Dilansir dari The Thaiger, Jumat (26/1/2024), kronologi penangkapan geng copet asal Indonesia ini dimulai dari laporan korban pencopetan, Yoshimune Yoshida, di pusat perbelanjaan Sukhumvit pada Rabu, 24 Januari.

Saat kejadian, Yoshida baru saja menukarkan uang dolar Amerika Serikat (AS) menjadi baht Thailand sebesar 310.000 baht. Uang tersebut disimpan di ransel yang dibawa di punggungnya saat berbelanja.

Dalam beberapa menit, uang Yoshida hilang karena dicopet oleh geng tersebut, dan Yoshida segera melaporkan kejadian tersebut kepada polisi.

Para pelaku teridentifikasi dari rekaman CCTV di mal yang menunjukkan mereka memantau Yoshida dari luar tempat penukaran uang sebelum mengikutinya. Saat Yoshida melihat-lihat barang di mal, salah satu pelaku, Isandi, berhasil mencuri amplop berisi uang dari ranselnya.

Isandi kemudian melarikan diri dengan taksi. Setelah memeriksa rekaman CCTV, polisi mengikuti jejak geng copet tersebut hingga ke sebuah hotel di kawasan Ramkhamhaeng. Setelah mendapatkan konfirmasi dari staf hotel, polisi melakukan penggerebekan di sebuah kamar dan berhasil menangkap keempat pelaku.

Dalam pemeriksaan, para pelaku mengakui perbuatannya dan mengungkapkan bahwa mereka telah merencanakan untuk membagi-bagikan uang hasil curian dan mengirimkannya ke keluarga mereka di Indonesia. Keempat pelaku segera ditahan dan akan dihadapkan pada proses hukum dengan bukti-bukti yang ditemukan oleh polisi.

Selain geng pencopet asal Indonesia, polisi juga menangkap sepasang suami istri asal Kamboja yang melakukan aksi pencopetan di Bangkok. Pasangan ini menggunakan teknik pencurian yang diajarkan oleh pencuri asal Vietnam di negara tersebut. (*)

 
Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Bikin Malu, Geng Copet asal Indonesia Ditangkap usai Beraksi di Mal Bangkok ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/bikin-malu-geng-copet-asal-indonesia-ditangkap-usai-beraksi-di-mal-bangkok.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut