get app
inews
Aa Read Next : Kisruh Dualisme Kadin, Istana Jamin Tidak Ada Cawe-cawe Jokowi

Penjelasan Mercedes-Benz, Soal Ban Mobil Presiden Jokowi Dikabarkan Bocor

Senin, 29 Januari 2024 | 05:00 WIB
header img
Mobil Kepresidenan RI 1 yang dianggap super aman dikabarkan mengalami ban bocor. (Foto: Maman Sukirman/SINDOnews)

JAKARTA, iNewsSerpong. id - Belum ada laporan terkait kondisi ban mobil kepresidenan yang mengalami kebocoran. Hal itu diungkapkan Deputy Director Marketing Communication and PR PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardosoemarto.

"Sejauh ini tidak ada laporan yang masuk kepada kami atau kepada dealer kami mengenai kejadian ban bocor dari mobil presiden. Kalau secara spesifikasi kendaraan presiden menggunakan spesifikasi khusus RFT + anti peluru," ungkap Kariyanto Hardosoemarto yang akrab disapa Karry.

Ban RFT memiliki keunggulan dalam ketahanan terhadap kebocoran. Meskipun ban kempis atau bocor, mobil masih dapat berjalan dalam kecepatan dan jarak tertentu, memungkinkan pengendara mencapai area servis atau tempat yang lebih aman.

Pemantauan Tekanan Ban

Ban RFT dapat menempuh perjalanan hingga 80 kilometer dengan kecepatan hingga 80 km/jam. Kendaraan juga akan memberikan peringatan melalui sistem pemantauan tekanan ban meskipun ban tidak tampak kempis secara menyeluruh jika tidak terisi angin sepenuhnya.

Sebelumnya, mobil Kepresidenan RI 1, yang dianggap sangat aman, dikabarkan mengalami kebocoran ban saat kunjungan di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada Senin (22/1/2024) lalu.

Video yang diunggah oleh akun X @03_nakula menunjukkan posisi ban yang pecah berada di bagian kanan belakang mobil. "Ban mobil RI bocor," tulis akun tersebut dalam keterangan video. Dalam video tersebut, Presiden Joko Widodo terlihat mengamati situasi sekitar sembari menunggu mobil siap berjalan.

Karry menyoroti detil dari video tersebut, menyatakan bahwa dalam video yang viral, anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di samping mobil sedang menyiapkan kaos yang akan dibagikan oleh presiden, bukan memeriksa ban.

Mobil kepresidenan tersebut telah digunakan sejak era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009. Mobil tersebut merupakan Mercedes-Benz S600 Guard W221 lansiran 2008 yang dilengkapi dengan fitur Run Flat Tire (RFT) dan ban anti-peluru. (*)

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Muhammad Fadli Ramadan dengan judul "Ban Mobil Presiden Jokowi Dikabarkan Bocor, Ini Penjelasan Mercedes-Benz".

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut