get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa S3 Cabuli Mahasiswi Setelah Ancam Sebar Foto Bugil

Universitas Buddhi Dharma Sukses Hadirkan Sistem Bisnis Digital untuk UMKM

Kamis, 01 Februari 2024 | 17:03 WIB
header img
Proses pembuatan sistem digitalisasi bisnis UMKM memerlukan waktu sekitar 6 bulan. (Foto/Ilustrasi: Ist)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan tridharma perguruan tinggi, Universitas Buddhi Dharma (UBD) Tangerang terus mendorong dan memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan karya yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sebuah tim peneliti dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UBD, terdiri dari dua orang dosen dan satu orang mahasiswa, telah berhasil merancang sistem bisnis digital untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menjalankan proses bisnisnya.

Tim peneliti ini terdiri dari satu orang dosen tetap dari Program Studi Teknik Industri, satu orang dosen tetap dari Program Studi Sistem Informasi, dan satu orang mahasiswa dari Program Studi Teknik Industri.

Demi Pengembangan UMKM

Pada sesi pemaparan hasil penelitian yang berlangsung pada Sabtu, 27 Januari 2024, Ketua tim peneliti, Dr. Abidin, S.T., M.Si., menjelaskan bahwa penelitian ini bermula dari tekad kuat tim peneliti untuk memberikan kontribusi pada pengembangan UMKM.

Tim melakukan survei kebutuhan UMKM, dan hasil survei tersebut menjadi dasar topik penelitian yang diajukan untuk pembiayaan melalui kampus. Topik penelitian ini juga harus sejalan dengan roadmap penelitian yang telah ditetapkan oleh program studi.

Ketua Tim Peneliti, Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto: Ist)
 

"Hasil survei menunjukkan bahwa UMKM memerlukan sistem digitalisasi bisnis, seperti website, untuk memperluas pangsa pasar dan mempermudah kegiatan promosi serta pemasaran," ungkap Abidin.

Proses pembuatan sistem digitalisasi bisnis UMKM ini memerlukan waktu sekitar 6 bulan, dengan harapan sistem ini dapat digunakan oleh salah satu UMKM yang telah bermitra dengan UBD.

"Kami merancang sistem ini di tengah-tengah kesibukan menjalankan tridharma lainnya, seperti pengajaran, pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan administratif," tambah Abidin.

Dari sisi UMKM yang akan menggunakan sistem hasil rancangan penelitian, mereka menyampaikan kepuasan mereka terhadap hasil kerja tim peneliti. Sebanyak 80% dari responden dalam penelitian ini menyatakan kepuasan mereka terhadap rancangan tersebut.

"Masukan dari mitra akan kami pertimbangkan untuk penyempurnaan rancangan kami, dan kami juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik selama penelitian dan dukungan penuh dari pihak UBD," pungkas Abidin. (*)

 

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut