get app
inews
Aa Read Next : Viral, Video Pemuda dari Bangka Barat, Mirip Gibrang sang Cawapres

Mahfud Mundur dari Menko Polhukam, JK: Kita Tunggu Pak Menhan 

Kamis, 01 Februari 2024 | 20:54 WIB
header img
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) memuji Mahfud MD yang mengundurkan dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) karena ikut sebagai peserta Pilpres 2024. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Sikap Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) direspon positif dan mendapat apresiasi dari banyak kalangan.

Tanggapan positif diantaranya datang dari Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK). JK memuji Mahfud MD yang mengundurkan dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) karena ikut sebagai peserta Pilpres 2024. JK menunggu Prabowo Subianto mengambil langkah serupa mundur sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). 

"Pak Mahfud MD itu bagus sekali. Kita tunggu lagi Pak Menhan," kata JK di Jakarta Selatan, Kamis (1/2/2024).

Dia menjelaskan, ketika peserta pilpres tetap sebagai pejabat publik, masyarakat akan bingung yang sedang dikerjakan, apakah tugas kenegaraan atau bagian dari kampanye. 

"Supaya jangan nanti orang bingung ini tugas kampanye atau tugas kementerian yang dilakukan nih," katanya.

JK menceritakan, ketika menjadi peserta Pilpres 2004, dirinya juga melepaskan jabatan sebagai Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra).  

"Ya soal pak Mahfud, itu saya juga seperti itu dulu waktu 2004. Saya juga menko, malah sebelum mendaftar saya sudah minta keluar karena itu baru kita," kata JK.

Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD diketahui telah mendatangi Istana Merdeka, Jakarta Kamis sore tadi untuk menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menkopolhukam kepada Presiden Joko Widodo, Kamis (1/2/2024). Pertemuan tersebut berlangsung tertutup. 

Setelah pertemuan itu, Mahfud yang mengenakan batik lengan panjang berwarna coklat langsung menggelar jumpa pers di Kantor Presiden.

Mahfud mengatakan, dia telah menyerahkan langsung surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi ditemani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. 

"Saya diterima oleh bapak Presiden Bapak Joko Widodo yang ditemani oleh bapak Mensesneg bapak Pratikno. Saya menyampaikan surat tentang kelanjutan tugas saya sebagai Menkopolhukam saya menyampaikan intinya saya mengajukan permohonan untuk berhenti," kata Mahfud.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " JK Puji Mahfud Mundur dari Menko Polhukam: Kita Tunggu Pak Menhan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/jk-puji-mahfud-mundur-dari-menko-polhukam-kita-tunggu-pak-menhan.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut