get app
inews
Aa Read Next : 4 Masalah akan Terjadi pada Mesin Mobil bila Filter Udara tidak Rajin Dibersihkan

5 Tips Merawat Mesin Mobil agar Harga Jual Lebih Tinggi 

Sabtu, 18 Mei 2024 | 05:00 WIB
header img
Kondisi mesin mobil yang bersih akan memberikan performa, efisiensi, dan harga jual tinggi. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Berbagai faktor memengaruhi harga mobil bekas, sehingga meskipun memiliki merek dan model yang sama dan keluaran tahun yang serupa, harga dapat bervariasi.

Selain kondisi bodi, salah satu elemen yang dapat meningkatkan nilai jual adalah kondisi mesin. Sebagaimana diketahui, mesin mobil terdiri dari berbagai komponen yang bekerja bersama untuk menghasilkan tenaga.

Untuk memastikan kinerjanya optimal, pemilik harus merawatnya secara rutin.

Berikut adalah cara merawat bagian internal mesin mobil, sebagaimana disarankan oleh Hyundai Indonesia:

1. Pemilihan Bahan Bakar

Salah satu faktor penting yang dapat menjamin kebersihan bagian dalam mesin adalah pemilihan bahan bakar yang sesuai. Menggunakan bahan bakar dengan octane yang tepat dapat menjaga pembakaran agar lebih optimal.

Untuk mobil bensin, disarankan menggunakan RON 92. Sementara itu, mesin diesel sebaiknya menggunakan bahan bakar berkualitas seperti Pertamina Dex, Shell Diesel, atau BP Diesel. Bahan bakar dengan octane rendah dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan membahayakan performa mesin.

2. Filter Oli dan Bensin

Penting untuk secara teratur mengganti filter oli dan bensin sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Partikel kotoran halus dapat melewati filter dan mengakibatkan penurunan kinerja mobil, memengaruhi kebersihan mesin.

3. Penggantian Oli secara Rutin

Oli memiliki peran vital dalam melumasi komponen-komponen mesin untuk mencegah gesekan yang merusak. Mengganti oli secara teratur sangat diperlukan, tidak lebih dari 10.000 km atau 6 bulan. Lebih baik mengganti oli lebih cepat jika sering terjebak dalam kemacetan.

4. Flushing

Proses flushing melibatkan penggantian oli dengan metode khusus menggunakan zat aditif. Flushing membantu membersihkan kerak yang mungkin terbentuk pada beberapa bagian mesin, menjaga kebersihan dan kinerja yang optimal.

5. Pembersihan Karbon (Carbon Clean)

Prosedur ini dilakukan untuk membersihkan kerak karbon yang menumpuk pada komponen dalam mesin. Pembersihan karbon dapat membantu memastikan kebersihan area internal, seperti katup dan piston, sehingga mesin berfungsi lebih efisien.

Kerak karbon yang menumpuk dapat mengakibatkan penurunan performa dan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Memahami dan menerapkan langkah-langkah perawatan ini dapat meningkatkan performa mesin, efisiensi, dan nilai jual mobil bekas. (*)

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Harga Jual Mobil Bekas Ingin Tinggi, Ini yang Harus Diperhatikan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/harga-jual-mobil-bekas-ingin-tinggi-ini-yang-harus-diperhatikan.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut