get app
inews
Aa Read Next : Harga Wuling Cloud EV Lebih Murah dari Harga Estimasi, Dibanderol Rp398 Jutaan

Neta dan Chery Mengikuti Tren Garansi Baterai Seumur Hidup

Rabu, 28 Februari 2024 | 05:00 WIB
header img
Neta mengikuti tren garansi baterai seumur hidup dengan syarat tertentu. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Persaingan mobil listrik dari China sangat ketat. Tidak hanya bersaing dalam produk tetapi juga memberikan garansi yang terbilang "tidak masuk akal".

Salah satu contohnya adalah garansi seumur hidup untuk mobil listrik. Apa yang dimaksud dengan garansi seumur hidup dan bagaimana implementasinya?

Ketika meluncurkan Chery Omoda E5 pada hari Senin (5/2/2024), PT Chery Sales Indonesia memberikan dua kejutan besar. Mereka menawarkan Chery Omoda E5 dengan harga yang sangat kompetitif, yaitu Rp498,8 juta.

Motor Listrik dan Baterai

Bahkan, mereka juga memberikan garansi seumur hidup atau lifetime warranty untuk motor listrik dan baterai kendaraan hanya untuk seribu konsumen pertama.

Assistant President Director PT CSI, Zeng Shuo, menjelaskan beberapa manfaat yang ditawarkan, termasuk potongan harga sebesar Rp10 juta menjadi Rp488,8 juta, garansi seumur hidup untuk motor listrik dan baterai, serta tambahan asuransi selama satu tahun.

Namun, ada syarat yang berlaku. Garansi seumur hidup untuk baterai dan motor listrik hanya berlaku bagi pemilik pertama. "Jika kendaraan tersebut dijual ke pembeli kedua, maka jaminan tersebut secara otomatis akan hangus," ungkapnya.

Selain itu, CSI juga memberikan garansi umum seperti garansi baterai selama 8 tahun atau 180 ribu km, kendaraan selama enam tahun atau 160 ribu km, dan biaya jasa dan suku cadang gratis selama lima tahun atau 75 ribu km.

Tren memberikan garansi seumur hidup untuk baterai mobil listrik dimulai oleh Wuling saat merilis Binguo EV pada November 2023. Tujuannya adalah untuk memberikan keyakinan kepada konsumen dan meredam kekhawatiran terkait baterai, yang merupakan komponen termahal dalam mobil listrik.

Wuling memberikan garansi Lifetime Core EV Component Warranty untuk baterai, motor drive, dan motor control unit. "Ini adalah upaya kami untuk meyakinkan konsumen dan meningkatkan kepercayaan mereka," ujar Maulana Hakim, Aftersales Director Wuling Motors.

Tentu saja, ada syarat yang berlaku. Fasilitas ini hanya diberikan untuk varian Binguo EV dengan jarak tempuh 410 kilometer dan baterai 37,9 kWh.

Kendaraan juga harus dimiliki secara pribadi, tidak boleh digunakan untuk keperluan komersial, memiliki jarak tempuh maksimal 30 kilometer per tahun, dan selalu menjalani perawatan berkala di bengkel resmi dengan suku cadang asli.

Setelah Wuling, Neta Auto Indonesia (NAI) juga memberikan garansi seumur hidup untuk baterai mobil listrik V. Garansi ini berlaku untuk tiga komponen: baterai, drive motor, dan sistem kontrol distribusi.

Syaratnya mirip dengan yang diberlakukan oleh Wuling Binguo EV, yaitu kendaraan harus dimiliki secara pribadi, bukan untuk penggunaan komersial, kepemilikan pertama sesuai dengan STNK dan BPKB, serta harus mengikuti jadwal perawatan berkala. (*)

 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Danang Arradian dengan judul "Tren Garansi Baterai Seumur Hidup: Wuling Memulai, Neta dan Chery Mengikuti".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut