get app
inews
Aa Read Next : Minum Kopi Sebelum Tidur Siang, Manfaatnya Mengejutkan

Jangan Pakai Susu dan Gula, ini Cara Minum Kopi untuk Diet

Jum'at, 16 Februari 2024 | 09:20 WIB
header img
Cara minum kopi untuk diet. (foto: dok MPI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Cara minum kopi untuk diet hingga kini masih banyak dicari orang. Banyak yang percaya kalau mengonsumsi kopi setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan. 

Tak dipungkiri secangkir kopi adalah semangat yang dapat meningkatkan energi dan konsentrasi. Namun di luar fakta itu, ada desas-desus bahwa minum kopi dapat membantu menurunkan berat badan. Benarkah?

Cara minum kopi untuk diet

Dalam kopi sendiri mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah kafein yang ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan Anda. Ini cocok bagi Anda yang sedang merencanakan program penurunan berat badan.

Pakar gizi Sarah Flower mengatakan, cara minum kopi untuk diet tidak bisa yang manis. Sebab manfaat kopi pahit dapat terjadi karena minuman tersebut mampu meningkatkan metabolisme Anda. 

"Secangkir kopi harian Anda dapat meningkatkan metabolisme. Kopi juga merangsang thermogenesis yang membantu tubuh Anda membakar lemak lebih banyak," kata Sarah, seperti dikutip dari Independent, belum lama ini. 

Selain meningkatkan metabolisme, kata dia,kopi juga membantu asam klorogenik, yang mana mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan memecah lemak. Tak cuma itu, kopi juga dapat mengurangi nafsu makan dan menekan rasa lapar sehingga mencegah Anda mengambil camilan berlebihan. 

Bahkan, menurut penelitian yang melibatkan kebiasaan diet 93.000 orang dan diterbitkan International Journal of Epidemiology membuktikan, peminum kopi lebih sedikit memiliki risiko obesitas dan diabetes tipe dua. 

Dia juga menyarankan cara minum kopi untuk diet hanya satu sampai dua cangkir sehari di pagi hari. Porsi tersebut sesuai untuk metabolisme tubuh yang maksimal. 

Namun, diingatkan juga hal yang tak kalah penting adalah tidak menambahkan sesuatu yang manis seperti krimer dan gula di kopi Anda. Sebab gula, krimer, atau susu dapat menghilangkan efek kopi. Tambahan-tambahan pada kopi itu justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan hingga peningkatan kadar insulin.

Itulah cara minum kopi untuk diet yang benar yakni tanpa gula dan susu. 

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut