get app
inews
Aa Read Next : Jangan Sampai Kehabisan Baterai, Begini Cara Mengendarai Motor Listrik yang Benar

Jangan Panik Dulu, Cara Atasi HP Dicas tidak Bertambah

Jum'at, 23 Februari 2024 | 15:00 WIB
header img
Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Bertambah, Jangan Panik Dulu! (Foto: ilustrasi/unsplash)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cara mengatasi HP dicas tidak bertambah perlu diperhatikan. Karena, masalah semacam ini bisa terjadi pada pemilik smartphone. 

Semua perangkat HP baterainya pasti akan habis jika dipakai. Saat baterai habis, Anda tentu saja perlu mengisi dayanya lagi agar dapat digunakan.

Masalahnya, ponsel yang sudah lama terkadang bermasalah saat diisi daya. Beruntung, ada solusi yang dapat digunakan saat Anda mengalami masalah semacam ini. 

1. Jangan Gunakan Charger KW

Sebaiknya selalu gunakan charger ori saat mengisi daya. Karena, charger original memang dirancang secara khusus untuk smartphone Anda. Apalagi dari segi arus dan tegangan listriknya. 

Berbeda dengan charger KW, biasanya tidak memperdulikan kualitas dari arus dan tegangan listriknya, sehingga ponsel dapat cepat rusak.

2. Pakai Kabel Berkualitas

Selalu gunakan kabel berkualitas bukan hanya adapter charger saja. Kabel mempunyai fungsi menghantarkan arus litrik dari adapter ke HP. Jika kualitas kabel kurang baik, ini akan menimbulkan masalah.

3. Memastikan Lubang USB Normal

Ponsel tidak bertambah dayanya saat diisi daya juga bisa disebabkan karena port USB rusak. Jika port mulai rusak, segera perbaiki dengan membawanya ke tempat service resmi.

4. Periksa Kondisi Baterai

Bisa saja ponsel tidak bisa diisi daya karena kondisi baterai yang sudah tidak baik. Sebaiknya, cek dulu kondisi baterai di HP apakah masih normal atau tidak. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek kondisi baterai yakni cek kondisi fisik, performa, dan perhatikan persentase baterai di HP. 


5. Ganti Baterai Baru

Solusi terakhir jika daya ponsel tidak bertambah saat dicharger yakni ganti dengan yang baru. Untuk HP dengan baterai bisa dilepas, Anda bisa membeli dan menggantinya sendiri. Tapi, jika baterai tanam, sebaiknya kunjungi service center. 

Itu dia cara mengatasi hp dicas tidak bertambah. Semoga bermanfaat!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut