get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Pertengahan Tahun ini, Citroen Siap Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Minggu, 21 April 2024 | 05:00 WIB
header img
Pabrikan mobil asal Prancis, Citroen dikabarkan akan mulai merakit mobil listrik di Indonesia secara lokal pada Juli 2024. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Pertengahan tahun ini, pabrikan mobil asal Prancis, Citroen, dikabarkan akan mulai merakit mobil listrik secara lokal.

"Citroen akan merakit mobil listrik secara lokal untuk mendapatkan insentif," ungkap Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Rachmat Kaimuddin.

"Citroen siap produksi 1 Juli 2024. Jadi dia akan menggunakan insentif ini hanya sebentar, hanya beberapa bulan," ujar Rachmat seperti dikutip dari kanal YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Fasilitas Produksi Indomobil

Citroen menggandeng grup Indomobil sebagai distributor tunggal di Indonesia. Diyakini bahwa mereka akan menggunakan salah satu fasilitas produksi Indomobil Group di Purwakarta, Jawa Barat, untuk melakukan perakitan mobil listrik.

"Dia (Citroen) kayaknya menggunakan fasilitas yang sudah ada, tapi CKD di sini, sudah ada assembler (perakitnya) di sini," ungkap Rachmat.

Kedatangan Citroen untuk melakukan perakitan mobil listrik secara lokal juga disetujui oleh Didin Abidin, Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM. Selain bersama Indomobil, perakitan ini juga akan dilakukan bersama dengan pihak lain.

"Memang setelah kebijakan ini diluncurkan, ini peminatnya sudah ada. Kami sudah mendapatkan permohonan dari PT National Assemblers. Itu berasal dari India, tapi dia pemegang merek Eropa, Citroen," kata Abidin.

Masuknya Citroen dalam investasi dan perakitan mobil listrik secara lokal diharapkan dapat menarik merek lain untuk melakukan hal yang sama. Ini akan memberikan dampak besar pada perekonomian dan membuka lapangan kerja baru.

Citroen sendiri telah memasarkan mobil listrik e-C3 dengan harga sekitar Rp300 jutaan. Dengan perakitan lokal dan insentif yang didapat, diprediksi harga mobil listrik tersebut akan jauh lebih terjangkau. (*)

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Citroen Siap Rakit Mobil Listrik di Indonesia Tahun Ini, Apa Dapat Insentif? ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/citroen-siap-rakit-mobil-listrik-di-indonesia-tahun-ini-apa-dapat-insentif.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut