get app
inews
Aa Read Next : Ceramah Pendeta Gilbert Lumoindong Senggol Zakat dan Shalat. Buntutnya Dilaporkan ke Polisi

Melesat 29 Persen, BSI Serahkan Zakat Rp222 Miliar Lebih

Kamis, 14 Maret 2024 | 05:18 WIB
header img
PT Bank Syariah Indonesia Tbk serahkan Rp222,7 miliar zakat perusahaan, melesat 29 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. (Foto: BSI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mempercepat penyaluran zakat perusahaan bukti PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) semakin menguatkan komitmen dalam memperkuat ekonomi umat.

Pada Ramadan tahun ini, BSI telah menyalurkan zakat perusahaan sebesar Rp222,7 miliar melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), meningkat sebesar 29 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, menyatakan bahwa peningkatan penyaluran zakat ini sejalan dengan pertumbuhan laba bersih perusahaan sepanjang tahun 2023.

Volume Zakat Terbesar

Dari total zakat yang disalurkan, Rp189,7 miliar berasal dari laba perusahaan dan Rp33 miliar berasal dari zakat pegawai. Dengan pencapaian ini, BSI kembali menjadi perusahaan dengan volume zakat terbesar di Indonesia.

Hery mengharapkan bahwa melalui penyaluran zakat ini, BSI dapat semakin berkontribusi pada peningkatan perekonomian umat serta kesejahteraan masyarakat.

"Kami menyadari bahwa peran kami tidak terbatas pada ranah perbankan syariah. Dengan komitmen mendalam pada keadilan sosial dan kesejahteraan umat, BSI berupaya melampaui batas-batas perbankan syariah biasa. Semoga dengan terus bertambahnya kontribusi zakat ini, BSI dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan baik sebagai bank syariah terbesar di Indonesia," kata Hery.

Hery juga menekankan bahwa penyaluran zakat ini mencerminkan salah satu aspek unik dari bank syariah, yang dapat memberikan nilai tambah bagi bangsa. Ini mengonfirmasi bahwa kemajuan ekonomi tidak hanya didorong oleh faktor-faktor material, tetapi juga aspek spiritual dan sosial.

Sebagai institusi keuangan syariah yang juga merupakan perusahaan terbuka, BSI memberikan nilai bagi negara dengan pembayaran pajak, dan memberikan nilai bagi masyarakat dengan penyaluran zakat serta bagi pemegang saham dengan pembagian dividen.

Selain itu, sebagai bagian dari komitmennya untuk membawa dan memfasilitasi manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, BSI juga menyediakan instrumen zakat, shadaqah, dan waqaf (ziswaf) dalam layanan perbankannya.

Dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat dan kinerja impresif BSI, jumlah zakat yang dibayarkan perusahaan terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2021, zakat perusahaan yang disalurkan oleh BSI mencapai Rp123,2 miliar, meningkat menjadi Rp173,1 miliar pada 2022, dan mencapai Rp222,7 miliar pada 2023.

Sepanjang 2023, BSI telah membukukan kinerja positif dengan laba bersih mencapai Rp5,7 triliun, tumbuh sebesar 33,88 persen secara tahunan (yoy). Dalam waktu tiga tahun, BSI telah menjadi market leader dalam industri keuangan syariah di Indonesia, baik dari segi jaringan, basis pelanggan, maupun modal untuk melayani masyarakat.

BSI berkomitmen untuk terus berinovasi dalam transformasi digital, seperti yang dilakukan melalui BSI Mobile dan E-Channel, yang mempermudah masyarakat dalam menunaikan zakat di mana saja dan kapan saja.

Untuk memperkuat kinerja e-channel, BSI terus menyediakan layanan one stop solution BSI Mobile yang dapat menjangkau nasabah di semua segmen dengan kemudahan layanan finansial, sosial, dan spiritual.

"Akselerasi digital menjadi kunci bagi kami untuk terus bergerak mengikuti perubahan perilaku nasabah yang dinamis, cepat, dan aman. Melalui digitalisasi dan pengembangan fitur ziswaf BSI Mobile, kami berharap mempermudah nasabah dalam beribadah dan berbagi kepada sesama di bulan Ramadan," kata Hery.

Dengan menggunakan layanan BSI Mobile, nasabah dapat dengan mudah menyalurkan ziswaf secara cepat dan aman, tanpa proses yang rumit. "Inisiatif ini diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan sesama, menjadikan Ramadan lebih bermakna bagi semua," ujarnya.

Penyaluran zakat BSI pada 2023 mencakup berbagai program dengan jumlah penerima manfaat mencapai 33.269 orang. Program-program tersebut terbagi dalam beberapa bidang kegiatan, seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan kemanusiaan, serta pengembangan sarana dan prasarana ibadah. (*)

 

 

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " BSI Serahkan Zakat Lebih dari Rp222 Miliar, Melesat 29 Persen ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/bsi-serahkan-zakat-lebih-dari-rp222-miliar-melesat-29-persen.


Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut