get app
inews
Aa Read Next : Bagi Zakat Senilai Rp13 M ke Tukang Becak, Antrean hingga 3 Km di Jombang

Ceramah Pendeta Gilbert Lumoindong Senggol Zakat dan Shalat. Buntutnya Dilaporkan ke Polisi

Kamis, 18 April 2024 | 10:35 WIB
header img
Pendeta Gilbert datangi Jusuf Kalla untuk menyampaikan permintaan maaf kepada umat Islam atas ceramahnya yang menyinggung Zakat dan Shalat. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ceramah Gilbert Lumoindong menjadi sorotan di media sosial. Pasalnya, pendeta itu menyinggung soal Zakat dan Shalat.

Dalam ceramah tersebut, Gilbert membandingkan besaran Zakat umat Islam yang 2,5 persen dengan Zakat orang Kristen yang 10 persen. Selain itu, dia juga menyinggung soal gerakan salat.

Berikut beberapa fakta terkait kasus ini yang dirangkum oleh iNews.id pada Rabu (17/4/2024):

1. Ceramah Viral

Video ceramah Pendeta Gilbert Lumoindong yang membandingkan Zakat umat Islam dan Kristen serta gerakan Shalat beredar di media sosial dan menuai polemik.

2. Dilaporkan ke Polisi

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, menyatakan bahwa laporan polisi diterima pada Selasa (16/4/2024). Laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Sub Direktorat Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

3. Permintaan Maaf

Pendeta Gilbert Lumoindong telah meminta maaf atas pernyataannya dan mendatangi Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memohon maaf secara langsung.

4. MUI Menerima Maaf

MUI menerima permintaan maaf Pendeta Gilbert Lumoindong dan mengimbau agar kejadian ini tidak terulang kembali. MUI juga mengingatkan agar tidak membandingkan keyakinan dan ritual agama lain saat berceramah.

5. JK Mengingatkan Toleransi

JK, selaku Ketua Umum DMI, mengingatkan pentingnya toleransi antarumat beragama di Indonesia dan menghargai perbedaan. Dia menekankan perlunya saling menghargai dalam negara yang memiliki beragam agama.

6. Proses Hukum

Meski telah meminta maaf, laporan terhadap Pendeta Gilbert masih diproses oleh Polda Metro Jaya. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 6 Fakta Pendeta Gilbert Ceramah Singgung Zakat dan Salat, Kini Dilaporkan ke Polisi ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/6-fakta-pendeta-gilbert-ceramah-singgung-zakat-dan-salat-kini-dilaporkan-ke-polisi.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 


 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut