get app
inews
Aa Read Next : Kolestrol Kambuh saat Lebaran. Tenang ini 8 Carah Mencegahnya

Penderita Kolesterol Taklukkan Puasa, ini 10 Tips Jaga Kesehatan

Minggu, 24 Maret 2024 | 03:58 WIB
header img
10 Tips Puasa Bagi Penderita Kolesterol (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bulan Ramadhan merupakan momen yang dinantikan oleh seluruh umat muslim. Namun, bagi penderita kolestrol, menjalani puasa dengan cara yang sehat dan bijaksana merupakan sebuah tantangan. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan beberapa tips ketika berpuasa. 

Apabila melakukan beberapa perubahan kecil dalam pola makan dan gaya hidup, Anda dapat menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan kadar kolesterol selama bulan puasa.

Dilansir iNews.id melalui webMD, berikut adalah 10 panduan sehat untuk berpuasa bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol yang patut Anda perhatikan:

  1. Oatmeal
  • Oatmeal adalah pilihan yang baik untuk sahur karena rendah kolesterol dan tinggi serat. Dalam ¾ gelas oatmeal, Anda bisa mendapatkan hingga 3–4 gram serat larut. Serat ini membantu mengikat kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) dan mengeluarkannya dari tubuh. Oatmeal juga mudah dikombinasikan dengan buah dan sayuran.
  1. Roti Gandum
  • Gantilah nasi dengan roti gandum sebagai sumber karbohidrat. Serat dalam roti gandum membantu mengikat kolesterol jahat dan membuat Anda kenyang lebih lama selama berpuasa. Roti gandum juga mengandung protein dan vitamin B yang baik untuk kesehatan jantung.
  1. Ikan
  • Asam lemak omega-3 dalam ikan membantu mengurangi kadar lemak jahat dan trigliserida. Beberapa jenis ikan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi adalah kembung, tenggiri, sarden, dan teri. Olah ikan dengan cara direbus atau dikukus untuk manfaat kesehatan yang lebih baik.
  1. Kedelai
  • Konsumsilah olahan kedelai seperti tahu atau tempe. Kedelai membantu menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 5–6 persen.
  1. Buah-buahan dan Sayuran
  • Buah-buahan dan sayuran kaya serat dan rendah kolesterol. Sertakan dalam menu sahur dan berbuka untuk menjaga kesehatan jantung.
  1. Hindari Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Kolesterol
  • Jauhi makanan cepat saji, gorengan, dan makanan tinggi lemak jenuh. Pilih makanan sehat yang mendukung penurunan kolesterol.
  1. Minum Obat Penurun Kolesterol
  • Jika Anda mengonsumsi obat penurun kolesterol (seperti statin), minumlah pada malam hari sesuai anjuran dokter.
  1. Rutin Berolahraga
  • Meskipun berpuasa, tetaplah berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan jantung.
  1. Perbanyak Konsumsi Serat
  • Selain oatmeal, tambahkan biji-bijian utuh seperti beras merah atau quinoa ke dalam menu puasa Anda.
  1. Pantau Kadar Kolesterol
  • Jangan lupa untuk memeriksa kadar kolesterol secara berkala dan konsultasikan dengan dokter mengenai pengelolaan kolesterol selama bulan puasa.

Dengan menerapkan 10 tips puasa bagi penderita kolesterol di atas, semoga Anda dan keluarga dapat menjalani ibadah dengan kuat selama bulan Ramadhan.(*)

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 10 Tips Puasa Bagi Penderita Kolesterol, Yuk Jaga Kesehatan Selama Ramadhan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/health/10-tips-puasa-bagi-penderita-kolesterol-yuk-jaga-kesehatan-selama-ramadhan.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut