get app
inews
Aa Read Next : Kue Lidah Kucing Premium Anti Gagal, Pakai Nutella Makin Enak

Kolestrol Kambuh saat Lebaran. Tenang ini 8 Carah Mencegahnya

Selasa, 09 April 2024 | 14:15 WIB
header img
Ada beberapa cara mencegah kolesterol kambuh saat Lebaran untuk menghindari masalah kesehatan serius. Salah satunya memberikan perhatian terhadap pola makan. Foto/Times of India

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ada beberapa cara mencegah kolesterol kambuh saat Lebaran untuk menghindari masalah kesehatan serius. Salah satunya memberikan perhatian khusus terhadap pola makan dan gaya hidup Anda.

Sayangnya, tidak semua orang sadar akan ancaman kolesterol tinggi selama perayaan Lebaran . Bahkan, di momen Hari Raya Idul Fitri ini banyak dimanfaatkan sebagian orang sebagai ajang balas dendam setelah sebulan menjalankan puasa Ramadan.

Akibatnya, tak sedikit yang merasa kalap saat menyantap makanan khas Lebaran dari opor ayam, rendang, hingga kue kering. Meski terasa enak, makanan tersebut bisa menyebabkan kolesterol kambuh jika dikonsumsi berlebihan lantaran mengandung tinggi lemak.

Berikut cara mencegah kolesterol kambuh saat Lebaran dilansir dari Health Line, Senin (8/4/2024).

8 Cara Mencegah Kolesterol Kambuh saat Lebaran, Penting Batasi Konsumsi Rendang

Foto/Infografis SINDOnews

1. Pilih Makanan Sehat

Saat menikmati hidangan Lebaran, prioritaskan makanan yang rendah lemak jenuh, kolesterol, dan gula tambahan. Pilih daging tanpa lemak, ikan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Hindari makanan yang digoreng dalam jumlah besar atau makanan tinggi lemak seperti santan dan kue-kue berlemak.

2. Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Kolesterol

Hindari makanan tinggi kolesterol seperti telur kuning, jeroan (hati, ginjal, otak), daging mereah, dan produk-produk olahan dari susu tinggi lemak.

3. Perhatikan Ukuran Porsi

Jaga agar ukuran porsi makanan Anda tetap terkendali. Mengonsumsi makanan dalam porsi yang terlalu besar dapat meningkatkan asupan kalori dan lemak, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut