get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : Biar Lega 6 Tips Aman Tinggalkan Rumah untuk Mudik

Mudik Lebaran 2024 : Lupa Isi Kartu Elektronik dan Rest Area Penyebab Utama Kemacetan di Jalan Tol

Rabu, 27 Maret 2024 | 06:03 WIB
header img
Kepadatan saat mudik Lebaran akibat membeludaknya kendaraan kerap terjadi dari tahun ke tahun. (Foto: Instagram BPJTU)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Mudik Lebaran 2024 diprediksi melibatkan lebih dari 193 juta orang. Mobil pribadi menjadi salah satu kendaraan terbanyak yang akan digunakan, mencapai persentase 18,3 persen atau sekitar 35,42 juta orang.

Kepadatan saat mudik Lebaran sering terjadi setiap tahun akibat banyaknya kendaraan yang memadati jalan. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan oleh kepolisian untuk mengurai kemacetan, namun kepadatan tetap saja tak terhindarkan.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang sering menjadi penyebab kemacetan, salah satunya adalah rest area di jalan tol.

Kapasitas Rest Area Terbatas

Rest area sering menjadi tempat singgah bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi, baik untuk mengisi bahan bakar, makan, danberistirahat. Kapasitas terbatas dari rest area ini seringkali menyebabkan antrean panjang.

Irjen Pol Aan menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi untuk mengelola arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024, termasuk melakukan survey di ruas jalan tol dan menentukan pola-pola penanganan kemacetan.

Untuk mengatasi kepadatan di rest area, Kakorlantas Aan mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola rest area untuk meningkatkan pelayanan sehingga arus lalu lintas bisa lancar.

Selain itu, Irjen Pol Aan juga menyoroti masalah kemacetan di gerbang tol yang disebabkan oleh pemudik yang belum mengisi saldo kartu elektronik. Hal ini dapat menyebabkan antrean panjang, terutama saat tidak tersedia fasilitas untuk mengisi ulang saldo e-money.

Namun, Irjen Pol Aan memastikan bahwa pihak pengelola jalan tol telah mempersiapkan langkah-langkah untuk mempercepat pelayanan di gerbang tol guna mengatasi masalah ini. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Penyebab Utama Kemacetan di Jalan Tol, Rest Area dan Lupa Isi Kartu Elektronik ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/penyebab-utama-kemacetan-di-jalan-tol-rest-area-dan-lupa-isi-kartu-elektronik.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut