get app
inews
Aa Read Next : Pura-pura Pingsan saat Terjaring Razia di Hotel Pada Malam Valentine

Kisah Tragis Pendeta Romawi Yang Dihukum Penggal Oleh Kaisar, Inilah Sejarah Hari Valentine

Minggu, 13 Februari 2022 | 20:53 WIB
header img
Sejarah Hari Valentine. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Sejarah hari valentine hingga kini masih menjadi perbincangan hangat. Apakah hari valentine ini memang hanya dirayakan untuk sepasang kekasih atau bisa dinikmati semua orang tanpa terkecuali.

Tak dipungkiri, perayaan valentine memang menjadi momen paling ditunggu-tunggu oleh pasangan kekasih. Perayaan yang jatuh setiap 14 Februari itu kerap dimanfaatkan seseorang mengungkapkan mengungkapkan rasa kasih sayang mereka.

Umumnya, tiap kali momen Valentine tiba muda-mudi akan berlomba memberikan sepucuk surat cinta dan juga coklat untuk orang terkasih. Tapi tahukah Anda Valentine memiliki sejarah yang cukup suram?

Sebenarnya bagaimana sejarah hari valentine?

Jika Anda berpikir sejarah Valentine bermula dari kisah romantis layaknya Romeo dan Juliet, sepertinya keliru. Ya, awal mula Valentine berasal dari kisah pilu seorang pendeta Romawi bernama Santo Valentine. Melansir dari USA Today pada abad ketiga Romawi, ada seorang santo bernama Valentine de Terni yang dijebloskan ke penjara lantaran menikahkan sepasang kekasih secara diam-diam. Hal ini dinilai tak sesuai dengan keinginan Kaisar Claudius II.

Rupanya sang kaisar melarang pernikahan personel militer karena dinilai akan merusak konsentrasi atau perhatian mereka, dan pada akhirnya kinerja di medan perang kurang efisie. Selama mendekam di dalam penjara, Valentine bertemu dengan seorang sipir bernama Asterius. Pria ini sempat mengejek kemampuan Valentine sebagai imam Katolik dengan menantang sang pendeta menyembuhkan putrinya, Julia yang terlahir buta.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut