get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : Tips Pilih Ban Mobil untuk Dipakai Mudik ke Kampung  

Mudik Lebaran 2024 : Takut Mabuk di Perjalanan, Begini Cara Cegah tidak Pusing dan Mual

Minggu, 31 Maret 2024 | 05:14 WIB
header img
Tidak sedikit orang enggan berpergian jauh ke luar kota karena takut mabuk di perjalanan. Bagaimana bila harus mudik? (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Khawatir mabuk dalam perjalanan, membuat sejumlah oranag enggan untuk melakukan perjalanan jauh ke luar kota.

Namun, saat musim mudik Lebaran, kondisi ini tidak bisa dihindari, terutama jika rute perjalanan cukup panjang dan berkelok-kelok. Gejala mabuk perjalanan seperti mual, pusing, muntah, hingga sesak napas bisa sangat mengganggu.

Bagaimana caranya agar tidak mengalami mabuk di perjalanan? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu, seperti dirangkum dari berbagai sumber :

  1. Jangan biarkan perut kosong: Pastikan untuk tidak berangkat dengan perut kosong. Sebelum berangkat, makanlah secukupnya. Hindari makanan yang terlalu berat karena dapat menyebabkan mual saat perjalanan.
  2. Hindari bermain HP: Bermain HP saat perjalanan dapat meningkatkan risiko mabuk karena adanya ketidakselarasan fokus antara mata dan telinga. Sebaiknya, hindari penggunaan HP dan lakukan kegiatan lain seperti mendengarkan musik atau berbicara dengan penumpang lain.
  3. Pilih posisi duduk yang tepat: Posisi duduk yang tepat sangat penting untuk menghindari mabuk perjalanan. Hindari duduk menghadap ke belakang atau ke samping, dan pastikan untuk duduk menghadap ke depan agar sensasi guncangan akibat gerakan kendaraan dapat dikurangi.
  4. Pastikan cukup istirahat: Kondisi tubuh yang lelah dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan. Pastikan untuk cukup istirahat sebelum melakukan perjalanan agar tubuh tetap fit selama perjalanan.
  5. Minum obat antimabuk: Jika Anda rentan mengalami mabuk perjalanan, pertimbangkan untuk minum obat antimabuk seperti dimenhydrinate atau scopolamine. Namun, pastikan untuk mengonsumsi obat sesuai dosis yang direkomendasikan oleh dokter.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, diharapkan Anda dapat mengurangi risiko mabuk saat melakukan perjalanan mudik Lebaran. (*)

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Mudik Takut Mabuk di Perjalanan, Begini Caranya agar Tidak Pusing dan Mual di Kendaraan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/mudik-takut-mabuk-di-perjalanan-begini-caranya-agar-tidak-pusing-dan-mual-di-kendaraan.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut