get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : 14 Ruas Tol yang Beri Diskon Tarif Periode Lebaran 2024

Mudik Lebaran 2024 : Sebanyak 7 Jalan Tol Fungsional Dibuka Gratis Mulai H-7 Lebaran

Senin, 01 April 2024 | 08:49 WIB
header img
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menetapkan sebanyak 7 ruas tol fungsional sudah siap digunakan setidaknya pada H-7 Lebaran. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sebanyak 7 ruas tol fungsional sudah siap digunakan setidaknya pada H-7 Lebaran. Demikian dipastikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berdasarkan pada aspek keamanan yang telah memenuhi standar layak dilalui kendaraan.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, menyatakan bahwa secara infrastruktur, jalan tol tersebut sudah siap. Namun, pengoperasiannya masih mengikuti kebijakan kepolisian yang mempertimbangkan kondisi lalu lintas di daerah tersebut.

"Secara infrastruktur, H-7 itu sudah siap semua sampai H+7, namun pengoperasiannya diserahkan kepada Korlantas dan Perhubungan, yang kemungkinan akan memulainya dari H-6 hingga H+6. Jadi, dari segi infrastruktur, sudah siap, kapan mau digunakan tergantung keputusan kepolisian," jelas Endra saat dihubungi iNews.id, Minggu (31/3/2024).

Dari Pagi hingga Sore

Lebih lanjut, Endra menjelaskan bahwa saat ini, ruas-ruas tol fungsional tersebut kemungkinan baru dapat dioperasikan dari pagi hingga sore hari. Hal ini disebabkan karena aspek keamanan belum memadai untuk dioperasikan pada malam hari.

"Jam operasionalnya, seperti Cimanggis - Cibitung, infrastrukturnya sudah siap, namun Korlantas mungkin akan membatasi operasionalnya hingga Magrib. Namun sebenarnya, dari segi infrastruktur, jalur tersebut dapat dioperasikan pada malam hari karena lampu sudah menyala," tambahnya.

Meskipun demikian, Endra menyatakan bahwa untuk menjamin keselamatan pengendara, idealnya jalur fungsional hanya dioperasikan hingga sore hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari potensi kesulitan jika terjadi kecelakaan di malam hari.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut