get app
inews
Aa Read Next : Oli Evalube Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriah

Bolehkah Ibu Menyusui untuk Laksanakan Puasa? Boleh dengan Syarat

Kamis, 28 Maret 2024 | 09:36 WIB
header img
Apakah ibu menyusui boleh berpuasa? Ada syarat dan hal-hal yang harus diperhatikan. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Para ibu yang sedang menyusui harus memahami syarat dan hal-hal mengenai menyusui ketika berpuasa. Hal ini selalu menjadi pertanyaan, maka dari itu simak ulasan berikut ini. 

Puasa merupakan kewajiban bagi umat Muslim, namun dalam Islam juga terdapat keringanan bagi mereka yang memiliki kendala, seperti ibu hamil dan menyusui. Banyak ibu menyusui yang ingin berpuasa, namun seringkali khawatir terhadap produksi air susu untuk bayi mereka. 

Apakah Aman Ibu Sedang Menyusui Berpuasa?

Menurut beberapa sumber, berpuasa bagi ibu menyusui bisa dilakukan, tetapi harus mempertimbangkan kesehatan ibu dan bayi serta faktor-faktor lainnya. 

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa asupan gizi dan ASI ibu cukup untuk bayi, meskipun sedang berpuasa. 

Biasanya, berpuasa tidak mempengaruhi produksi ASI secara signifikan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, asalkan asupan gizi ibu tercukupi baik saat sahur maupun berbuka.

Tips Berpuasa bagi Ibu Menyusui 

Jika diperbolehkan berpuasa oleh dokter ahli, ibu tetap harus memperhatikan pola makan dan aktivitas selama berpuasa. Untuk tetap memperoleh ASI yang maksimal, berikut tips yang bisa dilakukan. 

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih saat Sahur dan Berbuka 

Cairan merupakan hal penting yang harus tetap terpenuhi bagi orang yang berpuasa. Terlebih untuk ibu menyusui, sehingga pastikan agar ibu tidak kekurangan cairan dalam tubuh karena jika hal ini terjadi dapat mempengaruhi produksi ASI yang tidak maksimal. 

Ibu yang mengalami dehidrasi dapat dikenali dengan gejala seperti mulut dan bibir kering, urin berwarna lebih gelap, sakit kepala, dan mudah lelah. Jika hal ini terjadi ibu, sebaiknya segera membatalkan puasa untuk kebaikan diri dan bayi. 

2. Konsumsi Asupan Kaya Nutrisi dan Protein 

Dengan mengkonsumsi asupan yang kaya akan mineral, karbohidrat, protein, lemak, hingga vitamin melalui makanan seperti sayur-sayuran, daging ayam, buah, ikan salmon, dan kacang-kacangan, dapat meningkatkan produksi ASI selama berpuasa. 

Ibu menyusui setidaknya membutuhkan tambahan kalori sekitar 700 kkal/hari dengan rincian 500 kkal berasal dari makanan yang dikonsumsi dan 200 kkal berasa dari cadangan lemak di tubuh, sehingga penting bagi ibu untuk menjaga pola makan dan tidak melewatkan asupan tersebut baik saat sahur maupun berbuka. 

3. Hindari Aktivitas yang Terlalu Berat 

Dengan menjalani aktivitas yang terlalu berat tentunya energi yang diperlukan akan semakin besar. Jika hal ini terjadi, cadangan nutrisi yang disimpan sejak sahur akan terkuras dan ibu bakal kehilangan nutrisi yang mana ini akan berpengaruh pada produksi ASI selama berpuasa. 

Ibu akan menjadi lebih lemas dan ASI yang diproduksi akan kurang maksimal, baik dalam kuantitas maupun kualitas, sehingga sangat penting untuk menjaga aktivitas saat sedang berpuasa. 

4. Menyediakan Stok ASI Cadangan 

Menyediakan ASI cadangan dapat menjadi salah satu alternatif bagi ibu menyusui. Dengan menyiapkan ASI di saat berbuka dan sahur, ibu tidak perlu khawatir akan asupan ASI bagi bayinya. 

Namun, perlu diperhatikan metode penyimpanan ASI, dari tempat hingga suhu penyimpanan yang baik dan benar, agar nutrisi yang terkandung dalam ASI tidak rusak dan tetap higienis. 

5. Istirahat yang Cukup 

Selain menjaga asupan nutrisi dan aktivitas, ibu juga tetap harus memperhatikan pola istirahat yang cukup. Hindari aktivitas yang terpapar sinar matahari langsung terlalu sering. Segera mencari tempat berteduh atau istirahat jika dirasa mulai kelelahan. (*)


 

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 25 Maret 2024 - 23:40 WIB oleh Tim SINDOnews dengan judul "Apakah Ibu Menyusui Boleh Berpuasa? Ini Syaratnya". 

 

Untuk membaca berita lebih mudah, nyaman, dan tanpa banyak iklan, silahkan download aplikasi SINDOnews.

- Android: https://sin.do/u/android

- iOS: https://sin.do/u/ios

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut