Logo Network
Network

Mudik Lebaran 2024 : Pemudik Motor Jangan Turuti Nafsu Bawa Barang Banyak

Ari Sandita Murti
.
Rabu, 03 April 2024 | 19:19 WIB
Mudik Lebaran 2024 : Pemudik Motor Jangan Turuti Nafsu Bawa Barang Banyak
Pemudik motor diimbau berhati-hati saat perjalanan. (Foto: iNews.id/Abdul Rohman)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) dan Forum Transportasi Jalan Raya dan Kereta Api (ForJaKA) mengimbau para pemudik untuk tidak membawa muatan berlebih saat menggunakan sepeda motor saat mudik Lebaran 2024. Angka kecelakaan terbanyak berasal dari sepeda motor.

Ketua Umum MTI, Tory Damantoro, mengatakan membawa muatan berlebih dapat membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang.

"MTI berharap masyarakat tak mudik dengan sepeda motor, apalagi dengan membawa anak-anak kecil, itu kami tak sarankan," ujar Tory, Senin (1/4/2024).

Tory menyarankan agar pemudik memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta. Hal ini untuk mengurangi tingkat kemacetan dan meningkatkan keselamatan.

"Fasilitas mudik gratis dan fasilitas moda transportasi lainnya bisa sangat dimanfaatkan masyarakat untuk menghindari penggunaan sepeda motor, terutama jarak jauh lebih dari 1 jam," tuturnya.

Bendahara ForJaKA, Joni GA Selayan, memaparkan bahwa angka kecelakaan saat mudik biasanya paling tinggi terjadi pada pengguna sepeda motor.

"Kecelakaan paling banyak itu sepeda motor, sehingga kami imbau agar regulator untuk menyiapkan fasilitas untuk yang akan naik sepeda motor ini, supaya lebih aman dan nyaman di jalan. Naik kereta atau naik kapal dan lain-lain, nanti diintegrasikan sampai ke kampung mereka karena sepeda motor ini paling diminati sekarang," papar Joni.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini