get app
inews
Aa Read Next : Harga Wuling Cloud EV Lebih Murah dari Harga Estimasi, Dibanderol Rp398 Jutaan

Mudik Lebaran 2024 : Diperkirakan 4.000 Mobil Listrik Bakal Ikut Mudik Tahun ini

Jum'at, 05 April 2024 | 08:07 WIB
header img
Mobil listrik yang digunakan selama Lebaran 2024 tidak hanya untuk perjalanan ke luar kota, tetapi juga untuk perjalanan lokal. (Foto: Ist)  

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Diprediksi sebanyak 4.000 mobil listrik akan digunakan para pemudik pada momen Lebaran 2024, yang akan menjelajah ke berbagai penjuru Tanah Air.

Kasubdit Uji Tipe Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Yusuf Nugroho, menyatakan bahwa angka tersebut hanya mencakup sekitar 18 persen dari total mobil listrik di Indonesia, yang berjumlah 23.238 unit.

Yusuf mengungkapkan bahwa mobil listrik yang digunakan selama Lebaran 2024 tidak hanya untuk perjalanan ke luar kota, tetapi juga untuk perjalanan lokal di dalam kota. Karena itu, infrastruktur pendukung yang memadai diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna mobil listrik selama Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Pastikan Kesiapan SPKLU

"Ini bukan hanya tentang perjalanan ke luar kota, tetapi juga perjalanan lokal. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai lokasi," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rachmat Kaimuddin, menekankan bahwa meskipun hanya sekitar 18 persen mobil listrik yang akan melakukan perjalanan pada Lebaran 2024, pemerintah tetap memastikan kesiapan SPKLU di berbagai titik strategis.

Penyiapan SPKLU tersebut terutama difokuskan pada jalur-jalur mudik, terutama pada rest area sepanjang rute Trans Jawa.

Rachmat menjelaskan bahwa fokus penyebaran SPKLU di Jalan Tol Trans Jawa disebabkan oleh sebagian besar populasi kendaraan listrik berada di Pulau Jawa, sekitar 90 persen.

Dalam dua pekan terakhir, telah terjadi penambahan 175 unit SPKLU baru dengan kategori fast charging di seluruh rest area Trans Jawa dan Sumatera. Dengan langkah ini, diharapkan masyarakat pengguna mobil listrik dapat melakukan perjalanan mudik dengan aman dan nyaman.

"Kami juga berterima kasih kepada produsen EV karena dalam masa mudik ini infrastruktur yang tersedia dapat digunakan, sehingga pemudik dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman," kata Rachmat. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 4.000 Mobil Listrik Bakal Mengaspal di Mudik Lebaran 2024 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/4000-mobil-listrik-bakal-mengaspal-di-mudik-lebaran-2024.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut