get app
inews
Aa Read Next : Ini Dampak Buruk bila Ban Mobil Kurang Angin

Mudik Lebaran 2024 : Sebelum Mudik Pastikan Ban Mobil Dalam Kondisi Sehat

Sabtu, 06 April 2024 | 06:48 WIB
header img
Ada beberapa cara memeriksa ban dalam kondisi baik atau tidak digunakan untuk perjalanan jauh mudik Lebaran. (Foto: Bridgestone)

3. Perhatikan Bobot Barang Bawaan

Setiap ban memiliki daya angkut maksimum yang ditunjukkan dengan load index yang tertera pada dinding samping ban. Penting untuk mematuhi batasan ini karena beban berlebih dapat merusak ban dan mengganggu pengendalian mobil.

Kendaraan yang kelebihan muatan dapat menyebabkan pengendalian yang tidak responsif, meningkatkan konsumsi bahan bakar, dan mempercepat keausan ban.

4. Tindakan Darurat

Jika mengalami kejadian darurat seperti ban bocor atau sobek selama perjalanan, langkah pertama adalah tetap tenang dan hindari menginjak rem secara tiba-tiba.

Usahakan untuk menjaga posisi setir lurus dan biarkan kendaraan melambat secara alami dengan bantuan engine braking.

Setelah kendaraan melambat, arahkan kendaraan ke tempat yang aman seperti bahu jalan, berhenti, dan nyalakan lampu hazard serta pasang segitiga pengaman.

Saat membeli ban baru, pastikan untuk memilih ban yang sesuai dengan model yang sudah terpasang pada mobil Anda, termasuk ukuran, jenis, load index, dan symbol kecepatan. Informasi ini biasanya tertera pada dinding samping ban atau dalam buku manual pemilik kendaraan.

Itulah sejumlah hal penting yang harus diperhatikan untuk memastikan kondisi ban aman sebelum memulai perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman. (*)


Jangan salah pilih ban mobil untuk mudik. (Foto: Rideapart)    

 

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Mudik Pakai Mobil, Begini Cara Periksa Kondisi Ban Apakah Masih Bagus atau Harus Diganti ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/aksesoris/mudik-pakai-mobil-begini-cara-periksa-kondisi-ban-apakah-masih-bagus-atau-harus-diganti/2.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut