get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : Biar Lega 6 Tips Aman Tinggalkan Rumah untuk Mudik

Mudik Lebaran 2024 : Sebelum Mudik Pastikan Ban Mobil Dalam Kondisi Sehat

Sabtu, 06 April 2024 | 06:48 WIB
header img
Ada beberapa cara memeriksa ban dalam kondisi baik atau tidak digunakan untuk perjalanan jauh mudik Lebaran. (Foto: Bridgestone)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Fakta membuktikan, ban adalah salah satu komponen paling penting pada kendaraan. Komponen yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan.

Periksa kondisi ban seksama untuk kendaraan yang akan dipakai mudik Lebaran. Lalu, bagaimana kita bisa mengetahui apakah kondisi ban masih bagus atau sudah waktunya diganti?

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan untuk memeriksa kondisi ban kendaraan. Sebab pengendalian utama kendaraan bergantung pada kondisi ban.

"Pemeriksaan ban sebelum perjalanan jauh sangatlah penting untuk memastikan bahwa ban dalam kondisi prima," kata Deputy Head Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano dalam keterangannya yang dilansir pada Jumat (5/4/2024).

Periksa Ban dengan Teliti

Berikut beberapa cara untuk memastikan bahwa ban kendaraan dalam kondisi baik dan aman untuk digunakan selama perjalanan mudik Lebaran:

1. Periksa Tekanan Angin Ban

Tekanan angin yang tidak tepat, baik terlalu tinggi maupun terlalu rendah, dapat membahayakan karena dapat mempengaruhi pengendalian kendaraan serta daya cengkram ban pada jalan.

Ban dengan tekanan yang tidak sesuai juga dapat mengurangi kenyamanan berkendara, membuat akselerasi terasa lebih lambat, mengurangi efisiensi bahan bakar, dan mempercepat kerusakan ban karena keausan yang tidak merata.

2. Periksa Kondisi Fisik Ban

Kondisi ban yang baik atau buruk sebenarnya dapat diketahui dengan melakukan pengamatan sederhana tanpa memerlukan alat khusus. Pertama, periksa kedalaman tapak ban untuk melihat tingkat keausan.

Ban yang aus dapat mengurangi kemampuan pengendalian kendaraan, meningkatkan risiko aquaplaning saat hujan, dan memperpanjang jarak pengereman kendaraan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut