get app
inews
Aa Read Next : Kue Lidah Kucing Premium Anti Gagal, Pakai Nutella Makin Enak

Cuma 30 Menit! Ini 5 Tips Masak Ketupat Cepat Matang

Senin, 08 April 2024 | 05:08 WIB
header img
Ketupat menjadi salah satu makanan khas Lebaran. Membuatnya pun tidak membutuhkan waktu lama dan tidak ribet. (Foto: Instagram)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id – Ketupat adalah makanan yang identik dengan Lebaran. Namun, masih banyak ibu rumah tangga yang enggan membuatnya karena dianggap sulit dan memakan waktu lama.

Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memasak ketupat di rumah agar matang lebih cepat, hanya dalam waktu 30 menit dan tidak memboroskan gas.

Berikut lima tips bisa terapkan yang dikutip dari kanal YouTube Dapur Bunda Keysha:

1.    Rendam Beras selama 20 Menit: Merendam beras selama 20 menit adalah langkah pertama yang disarankan. Ini berguna terutama jika beras yang Anda gunakan cenderung keras. Merendam beras sebelum dimasukkan ke dalam daun ketupat akan membuatnya lebih lembut dan cepat matang. Namun, jika Anda menggunakan beras yang mudah pulen, langkah ini bisa dilewati.

2.    Isi dengan 3/4 Beras dari Daun Ketupat: Saat mengisi beras ke dalam daun ketupat, pastikan Anda mengisinya sekitar 3/4 dari ukuran daun ketupat. Jumlah ini dapat memengaruhi kualitas dan kecepatan kematangan ketupat. Dengan demikian, ketupat Anda akan matang dengan sempurna.

3.    Kencangkan Daun Ketupat: Setelah daun ketupat diisi dengan beras, pastikan untuk mengencangkan daun-daun tersebut agar beras tidak keluar ketika direbus.

4.    Pastikan Semua Ketupat Terendam saat Direbus: Saat merebus ketupat, pastikan semua ketupat terendam dalam air yang sudah mendidih. Jika ada yang mengambang, doronglah dengan sendok atau centong agar terendam sempurna.

5.    Hitung Waktu Merebus saat Air Mendidih: Perhitungan waktu merebus ketupat juga penting. Rebuslah ketupat selama 15 menit setelah air mendidih pertama kali. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan ketupat dalam panci selama 30 menit tanpa membuka tutupnya. Kemudian, rebus kembali ketupat selama 15 menit lagi setelah air mendidih kembali. Setelah direbus, diamkan selama 10 menit sebelum mengangkat ketupat dan siap untuk disajikan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa memasak ketupat lebih cepat dan efisien.

 

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Annastasya Ryzkia dengan judul "Tips Masak Ketupat Cepat Matang, cuma 30 Menit!".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut