get app
inews
Aa Read Next : Hati-hati Jangan Asal Dikendarai untuk Kendaraan Jarang Dipakai, Periksa Komponen ini

Jaga Vespa Matic, ini 7 Tips Ampuh Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Senin, 08 April 2024 | 07:11 WIB
header img
Jangan sampai Vespa Matic yang ditinggal mudik malah membuat masalah setibanya pulang dari mudik nanti. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kendaraan yang ditinggal saat mudik jangan sampai tidak terjaga dengan baik. Terutama bagi yang punya Vespa Matic agar tetap aman saat ditinggalkan.

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP memberikan beberapa tips berguna untuk menjaga Vespa Matic tetap aman saat ditinggal mudik Lebaran:

1. Kunci Stang

Pencurian menjadi ancaman selama masa mudik Lebaran. Agar Vespa Matic tidak menjadi target maling, pastikan untuk mengunci stang, menggunakan alarm, dan tambahan pengaman di disk brake. Meskipun tidak menjamin sepenuhnya, pengamanan tambahan akan membuat maling kesulitan.

2. Lepas Aki Motor

Vespa Matic yang ditinggalkan lebih dari seminggu dapat mengalami masalah pada kelistrikan jika aki tidak dilepas. Aki yang terus terpasang pada motor tanpa dipanaskan dapat menurunkan performanya. Pastikan untuk melepas aki jika ditinggalkan dalam waktu yang lama.

3. Service Berkala

Sebelum ditinggalkan untuk mudik, lakukan service berkala di bengkel Vespa matic terdekat. Gantilah pelumas mesin dan gardan untuk memastikan Vespa matic lebih mudah dihidupkan kembali.

4. Standar Tengah dan Alas

Gunakan standar tengah dan alasi dengan karpet atau keset saat meninggalkan Vespa matic dalam waktu yang lama. Ini akan membuat motor tetap seimbang dan mencegah terjatuh jika terjadi kejadian tidak terduga.

5. Pastikan Tangki Bensin Penuh

Saat ditinggalkan dalam waktu yang lama, pastikan tangki bensin penuh. Hal ini mencegah terjadinya pengembunan di dalam tangki yang dapat menyebabkan air masuk ke dalam bensin.

6. Tekanan Udara pada Ban

Pastikan untuk mengisi tekanan udara ban sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan, kira-kira tambahkan 5 psi. Ini akan mencegah tekanan ban berkurang terlalu cepat selama kendaraan tidak digunakan.

7. Titipkan Kunci

Titipkan kunci Vespa Matic kepada tetangga yang tinggal di sekitar dan tidak mudik, atau kepada pengurus RT. Hal ini akan membantu jika terjadi kejadian darurat seperti kebakaran atau banjir, di mana Vespa Matic perlu dipindahkan.

 



Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Danang Arradian dengan judul "7 Tips Ampuh Jaga Vespa Matic Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran".

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut