get app
inews
Aa Read Next : Awas Baterai Overheat, 10 Komponen Mobil Hybrid Wajib Diperiksa

Hati-hati Jangan Asal Dikendarai untuk Kendaraan Jarang Dipakai, Periksa Komponen ini

Rabu, 22 Mei 2024 | 05:35 WIB
header img
Banyak kasus rem lengket sehingga mobil tidak bisa jalan gara-gara parkir lama dengan kondisi hand brake aktif. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Peringatan keras, untuk kendaraan yang jarang digunakan dalam waktu lama tidak boleh dipakai begitu saja. Ada beberapa komponen yang harus diperiksa terlebih dahulu sebelum kendaraan tersebut digunakan kembali.

Salah satunya adalah sistem rem (brake). Banyak kejadian di mana rem kendaraan menjadi lengket setelah diparkir dalam waktu lama dengan posisi rem tangan aktif, sehingga menyebabkan kendaraan sulit untuk bergerak.

Jika rem tangan tidak bermasalah, penting untuk memeriksa kondisi kampas rem sebelum melakukan perjalanan jauh. Debu atau pasir yang menumpuk pada kampas rem dapat mengakibatkan kampas rem tidak bisa mencengkeram piringan rem dengan sempurna.

Bersihkan Kampas Rem

"Jika mobil jarang dipakai, penting untuk membersihkan kampas rem dari debu-debu agar kinerjanya optimal. Asalkan bahan kampas rem masih baik, umurnya tidak menjadi masalah," ujar Rachmat Dwinata, Bendix Representative Indonesia.

Sistem pengereman merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan, yang bertanggung jawab dalam memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Jika sistem pengereman bermasalah, dapat menyebabkan kecelakaan.

Oleh karena itu, perawatan pada sistem pengereman sangatlah penting. Namun, terdapat beberapa hal mendasar yang perlu diketahui oleh pengendara agar kampas rem tetap awet dan berkinerja optimal.

"Hindari melakukan pengereman keras, karena hal tersebut sangat berbahaya. Perawatan rutin juga penting, jangan tunggu sampai terdengar suara berisik baru diperiksa. Flushing minyak rem perlu dilakukan setiap 20.000 km, dan perhatikan ketebalan piringan rem," tambah Rachmat.

Pengereman keras dapat menjadi salah satu penyebab cepat habisnya kampas rem. Sulit untuk mendeteksi kampas rem yang sudah menipis tanpa membuka kaliper rem. "Tidak ada ciri-ciri pasti bahwa kampas rem sudah habis.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan rutin dan memeriksanya secara berkala. Jika sudah mencapai 20.000-30.000 km, maka kampas rem perlu diperiksa lebih lanjut," ungkap Rachmat.

"Ada beberapa faktor penyebab kampas rem tidak bekerja optimal, seperti kotoran pada minyak rem atau piston kaliper yang sudah lemah. Karena komponen sistem rem tertutup, maka perawatannya agak sulit," lanjut Rachmat. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kendaraan Jarang Dipakai, Awas Jangan Asal Dikendarai Periksa Komponen Ini ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/niaga/kendaraan-jarang-dipakai-awas-jangan-asal-dikendarai-periksa-komponen-ini.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut