get app
inews
Aa Read Next : Segini Harganya, Mobil Listrik Mercedes EQE 350 4MATIC AMG Mengaspal di Indonesia

Ini Jawabannya, Harga Mobil Listrik BYD Bisa Lebih Murah di Indonesia

Selasa, 06 Agustus 2024 | 05:00 WIB
header img
Banyak yang heran BYD bisa membawa mobil listrik dengan harga lebih murah di Indonesia. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sebuah fenomena menarik, mobil listrik Built Your Dreams (BYD) menawarkan mobil listrik berharga relatif lebih murah, membuat peta pasar otomotif Indonesia bergeser.

Di saat produsen otomotif di Indonesia menghadapi tantangan dengan biaya produksi mobil listrik yang masih tinggi, BYD justru meluncurkan kendaraan yang lebih terjangkau.

Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao, mengungkapkan bahwa BYD merupakan salah satu produsen paling mandiri dalam industri otomotif.

Produksi Komponen Sendiri

BYD memproduksi hampir semua komponen kendaraan secara mandiri, mulai dari bodi utama, sasis, baterai, mesin pembakaran, kontroler, motor listrik penggerak, velg, interior, sistem hiburan, kelistrikan, suspensi, hingga komponen lainnya.

"Sebab itu, harga mobil listrik yang kami pasarkan bisa lebih terjangkau dibandingkan produsen lain dalam segmen yang sama. Bahkan, baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) yang kami buat juga digunakan oleh mobil listrik dari merek lain," kata Zhao.

Meskipun demikian, Zhao menjelaskan bahwa ada beberapa komponen yang tidak dapat diproduksi sendiri, sehingga harus melibatkan perusahaan lain. Namun, ini tidak berdampak signifikan terhadap harga kendaraan yang dipasarkan.

"Setahu saya, hanya ban dan kaca yang tidak bisa kami produksi sendiri. Ini yang memungkinkan kami menawarkan mobil listrik dengan harga terjangkau kepada masyarakat," ujar Eagle di GIIAS 2024, ICE BSD, Tangerang.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut