get app
inews
Aa Read Next : Ini Detail Body V-Strom 800RE yang Baru Diluncurkan Suzuki

Panduan Lengkap Cara Merawat Bagasi dan Pintu Mobil SUV

Rabu, 19 Juni 2024 | 05:00 WIB
header img
Cara merawat bagasi dan pintu mobil SUV pun perlu dipahami secara mendetail. (Foto: Carbuzz)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mobil SUV menjadi mobil keluarga yang banyak diminati di Indonesia karena selain terlihat sporty, juga memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Agar mobil lebih awet perlu mendapatkan perawatan berkala untuk menghindari kerusakan. Termasuk merawat bagasi dan pintu mobil SUV.

Selain memperhatikan perawatan mesin dan bodi mobil secara berkala untuk kenyamanan dalam berkendara, fungsinya juga untuk memperpanjang masa pakai kendaraan.

Berikut adalah cara merawat bagasi dan pintu mobil SUV secara lengkap, dilansir dari Suzukisbam, Jumat (17/5/2024).

1. Bersihkan Kotoran secara Berkala

Salah satu bagian yang sering bermasalah pada bagasi pintu mobil SUV adalah engsel. Bagian ini sering kali dipenuhi dengan tumpukan kotoran yang menyebabkan mobil sulit digunakan.

Pastikan selalu membersihkannya secara berkala untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel di sekitar area tersebut. Gunakan cairan khusus untuk membersihkannya sehingga gerakan engsel tetap lancar.

2. Pelumasan secara Berkala

Selain membersihkan kotoran, penting juga untuk melumasi bagian mekanisme pengunci pada pintu dan bagasi mobil. Langkah ini perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan sistem mekanisme pada pintu dan bagasi mobil dapat bergerak dengan lancar.

Cara melakukan pelumasan sama seperti langkah membersihkan kotoran pada engsel. Bisa juga menyemprotkan cairan penetran untuk merontokkan oksidasi pada bagian pengunci pintu dan bagasi, lalu setelah itu semprotkan grease cair hingga terlumasi secara merata.

3. Merawat Kebersihan Interior Bagasi

Merawat komponen mobil harus dilakukan dengan menjaga kebersihan setiap saat. Salah satu cara tepat adalah dengan membersihkannya menggunakan vacuum cleaner setelah kendaraan digunakan. Hindari membersihkan ketika kotoran sudah menumpuk karena bisa mempercepat kerusakan pada komponen mobil tersebut.

4. Menutup Pintu Perlahan

Kerusakan pada bagian pintu atau bagasi mobil sering terjadi karena terlalu kasar saat menutupnya. Akibatnya, pintu akan sulit tertutup dengan rapat dan sistem penguncian pada mobil tidak bekerja optimal.

Maka, ketika hendak menutup pintu atau bagasi mobil, lakukan secara perlahan. Upaya sederhana ini dapat merawat mobil agar tidak mudah rusak akibat penggunaan yang kasar.

5. Hindari Membawa Beban Berlebihan

Setiap mobil dilengkapi dengan bagasi untuk memuat bawaan selama perjalanan. Tentunya berbagai tipe mobil SUV ini memiliki kapasitas beban maksimal yang berbeda-beda.

Hal ini perlu diketahui agar bisa memanfaatkan ruang bagasi mobil sesuai kebutuhan. Hindari membawa terlalu banyak barang ke bagasi dengan kapasitas melebihi batas yang ditentukan.

6. Periksa Secara Berkala di Bengkel

Untuk memastikan seluruh komponen bagasi dan pintu mobil SUV berfungsi dengan baik, perlu melakukan pengecekan secara berkala. Pengguna bisa melakukan pengecekan ke bengkel terpercaya untuk memastikan mobil berfungsi optimal.

Melakukan pengecekan secara rutin membuatnya lebih mudah untuk mendeteksi kerusakan pada mobil. Hal ini juga akan memudahkan perbaikan sebelum terjadi kerusakan lebih fatal.

Merawat bagasi dan pintu mobil SUV dengan baik dapat menghindarkan pengguna dari kerusakan fatal yang akan merogoh kocek lebih dalam untuk biaya servis dan penggantian suku cadang.



Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Tim SINDOnews dengan judul "Cara Merawat Bagasi dan Pintu Mobil SUV, Berikut Panduan Lengkapnya".

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut